Home >  Berita >  Peristiwa

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Nisel Akan Gelar Razia

Jelang  Natal dan Tahun Baru, Polres Nisel Akan Gelar Razia
Senin, 16 Desember 2019 13:18 WIB
Penulis: Halawa
NISEL-Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, jajaran Polres Nias Selatan akan menggelar razia minuman keras (miras) serta razia mercon.

Hal ini dikatakan Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta kepada wartawan di Ruang kerjanya Jalan Mohh Hatta, Telukdalam, Senin, (16/12/2019).

I Gede menjelaskan, selain razia miras dan mercon, pihaknya juga telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral terkait persiapan masing-masing dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Khususnya ketersediaan sembilan bahan pokok dan ketersediaan BBM. kita juga sudah menyampaikan ke seluruh Polsek supaya melakukan cipta kondisi khususunya untuk menggelar operasi miras dan petasan. Karena, kita ketahui bersama bahwa petasan sudah mulai banyak dijual dan jangan sempat mengganggu situasi dan keamananan serta mengantisipasi jangan sempat terjadi perang kampung gara-gara suara petasan yang menimbulkan gangguan pada saat jemaat berbadah," tutur lulusan Akpol 1998 itu.
Ads

Terkait instruksi operasi miras dan petasan, sambung dia, hasilnya sudah ada dimana 35 jerigen miras telah diamankan.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak gereja dan para pendeta untuk meningkatkan pengamanan dalam kegiatan perayaan Natal di masing-masing gereja.

"Saya menghimbau para pendeta dan pengurus gereja untuk membentuk keamanan internal yang terdiri dari remaja-remaja gereja guna membantu Polisi dalam pengamanan perayaan Natal di masing-masing gereja. Karena kami memiliki keterbatasan personil dalam melakukan pengamanan. penempatan personil diprioritaskan di gereja-gereja yang jumlah jemaatnya banyak dan wilayahnya dianggap rawan.

Jadi, kita upayakan untuk menempatkan personil di gereja sekitar kota Telukdalam, Kecamatan Toma dan Amandraya. ada sekitar 2/3 dari jumlah kekuatan personil Polres Nisel yang kita libatkan dalam operasi ini. Artinya sekitar 200 personil," pungkasnya.

Ia menambahkan, personil juga akan ditempatkan ditempat-tempat yang diangggap rawan serta di lokasi daerah Tujuan wisata.

"Kita juga akan membentuk beberapa pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah lokasi diantaranya di Lahusa, Lagundri dan Pos Pam-nya sekitar wilayah kota Telukdalam," tukasnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Nisel itu menghimbau warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi-aksi gangguan keamanan.

"Mari kita sama-sama melakukan pengamanan diri sendiri dan pengamanan di lingkungan masing-masing serta membantu Polisi untuk memberi informasi jika ada menemukan hal yang mencurigakan," pintanya sembari berharap kepada masyarakat yang berpergian untuk selalu menjaga keamanan diri sendiri dan kendaraannya serta memastikan rumahnya aman dari aksi pencurian.*
www www