SERDANG BEDAGAI-Founder Rumah Aspirasi Milenial (RAM) mengadakan seminar nasional kita pancasila untuk yang pertama kali di Sumatera Utara.

Adapun kegiatan ini diadakan di Objek Wisata Wong Rame, Kecamatan Pantai Cermin, Kab Sergai, Sabtu (14/12/2019) di hadiri sekaligus membuka acara oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya SE.

Wakil Bupati Sergai,H Darma Wijaya mengatakan seiring dengan lajunya modernisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, berbagai pengaruh negatif juga terdapat didalamnya, seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya.

"Untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa ini, diperlukan adanya penanaman ideologi Pancasila sejak dini dalam mencegah paham radikalisme dan intoleransi,"kata Wabup H Darma Wijaya yang selaku ketua DPC PDI P.

Menurutnya, Setiap generasi adalah masyarakat baru yang harus memperoleh pengetahuan, mempelajari keahlian dan mengembangkan karakter atau watak publik maupun pribadi yang sejalan dengan demokrasi.

"Sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui perkataan dan pengajaran serta kekuatan keteladanan,"ujarnya.

Selain itu, Wabup Menegaskan bahwa pembinaan terhadap generasi muda menjadi warga negara yang baik, harus menjadi perhatian utama kita bersama, karena tidak ada tugas yang lebih penting dari pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, efektif dan terdidik. Untuk kita ketahui bersama, bahwa penanaman ideologi Pancasila sejak dini dalam mencegah paham radikalisme dan intoleransi perlu dilaksanakan sejak dini kepada para generasi muda penerus bangsa.

Meyakini bahwa dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang penanaman ideologi Pancasila sejak dini dalam mencegah paham radikalisme dan intoleransi, akan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh pengarusutamaan negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi tersebut,"ungkap Wabup Sergai.

Sementara itu, Tuan Guru Batak Dr. H. Ahmad Sabbang El Rahmany Rajagukguk, MA, mengatakan bahwa Pancasila itu adalah Kesatuan yang harus di pertahankan oleh segenap rakyat indonesia.

Fouder RAM Elvi Yuliana menjelaskan tujuan diselenggarakannya seminar nasional adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan generasi milenial menjadi motor penggerak dalam pembumian Pancasila.

"Tujuannya untuk menambah kesadaran generasi milenial serta masyarakat luas dan menjaga Pancasila. Generasi milenial juga harus jadi motor penggerak dan menjadi contoh dalam pembumian Pancasila," kata Elvi Yuliana.

Menurut Elvi Yuliana, dengan di sahkannya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) oleh presiden Joko Widodo tanggal 28 Februari 2018 lalu, Sebagai Kepala Badan BPIP RI Ibu Hj. Megawati Soekarno putri, Hal ini juga yang mendasari saya membuat seminar kita pancasila dan ini adalah untuk pertama kali di Sumatera Utara.

Elvi berharap dengan adanya seminar kita pancasila ini pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di adakan kembali di sekolah seluruh di indonesia dan yang terpenting adalah terciptanya pancasilaisme bagi rakyat indonesia.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wabup Sergai H Darma Wijaya, Kapolda Sumatera Utara yang diwakili Kasubdit IV Dit Intelkam Polda Sumut AKBP Ahyan, Anggota Dewan Pengarah Pangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Romo Beni, Founder Rumah Aspirasi Milenial (RAM) Elvi Yuliana Napitupulu, Tuan Guru Batak Dr. H. Ahmad Sabbang El Rahmany Rajagukguk, MA, Anggota DPRD Sergai, Pimpinan OPD Sergai, serta ribuan peserta yang merupakan pelajar dari berbagai SMA se-Sergai.*