ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan Raih Penghargaan untuk Kategori Gemarikan dan Pelaksana terbaik Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2019.

Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Program NKRI Jilid 1 dan Jilid 2 menggagas dan menuangkan konsep kebijakan sektor kelautan dan perikanan berbasis pada pengelolaan ekonomi perikanan dari hulu hingga hilir.

Konsep ini merupakan fokus pengelolaan sektor Kelautan dan perikanan yang dimulai dari penguatan dan pemenuhan sarana dan prasarana kebutuhan pelaku usaha perikanan sampai pemenuhan kebutuhan pemasaran hasil perikanan.

Saat ini tak hanya sektor perikanan tangkap yang terus dipacu peningkatannya, namun hingga ke produk hasil olahan perikanan melalui program Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Program Gemarikan yang dinakhodai ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya telah berhasil mendorong lahirnya banyak menu olahan masakan ikan yang variatif dan beragam melalui lomba masak serba ikan, yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Asahan," ucap Titiek.

Kabupaten Asahan terpilih sebagai oenerima Penghargaan Kategori Gemarikan dan Kategori Pelaksanaan Terbaik Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) pada acara puncak Indonesian Seafood Expo 2019, Sabtu (14/12/2019) bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Penghargaan Kategori Gemarikan diterima Bupati Asahan yang diwakili Kadis Perikanan dan Kalautan Ir.Hazairin, MM sedangkan untuk jategori pelaksana terbaik Forikan diterima Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan yang juga merupakan ketua Forikan Kabupaten Asahan diwakili Ketua Pokja 3 PKK Kabupaten Asahan Nur Aslamiyah, SPd dan langsung diserahkan Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo.

Menurut Bupati Asahan Melalui Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. Hazairin, MM pentingnya mengkonsumsi ikan bagi masyarakat di Kabupaten Asahan. Sebab, ikan merupakan salah satu sumber protein yang berguna bagi kecerdasan, terutama anak-anak di usia pertumbuhan.

“Nah, masyarakat kita harus banyak makan ikan dan ini harus terus kita tingatkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya melalui lembaga Forikan yang di Nakhodai Hj. Titiek Sugiharti Surya dan juga merupakan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di tengah-tengah masyarakat.

“Disetiap momentum maupun kesempatan akan kita promosikan terus menerus gemar makan ikan ini kepada para orang tua, kepada anak-anak kita dan saudara-saudara kita agar ke depan bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan cerdas secara intelektual khususnya di Kabupaten Asahan,” pungkasnya.*