TOBASA-Guna untuk perekrutan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwasam) di seluruh Kecamatan Kabupaten Toba Samosir, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toba Samosir menggelar seleksi dan Ujian penerimaan secara online kepada seluruh peserta calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascan)Jumat, (13/12/2019) di SMK N.2 Balige setelah sebelumnya para peserta telah mendaftarkan diri melalui pendaftaran on line.

Kepada Media Ketua Bawaslu Tobasa, Romson Purba mengungkapkan, dari keseluruhan peserta yang telah mendaftarkan diri, ada 151peserta pelamar Panwascam yang dinyatakan lulus pada seleksi administrasi, 108 Pria dan 43 Perempuan dan telah kesemuanya telah mengikuti ujian secara On Line Jumat,13/12/2019 yang dimulai pukul 8.00 Wib.

Lanjutnya, pelaksanaan test para calon Panwascam yang dilaksanakna secara online menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Penggunaan Sistem CAT ini bertujuan menjaga integritas dan objektivitas Bawaslu Kabupaten Tobasa dalam melakukan seleksi.

Ketua Bawaslu Toba Samosir Romson Purba dalam harapannya menyampaikan, dengan Testing ujian On Line yang mengunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan memperoleh Panwascam yang telah memiliki Kualitas/Kwantitas yang mumpuni, baik dalam hal kecakapan dalam berkomunikasi serta memiliki kemampuan dan integritas sebagai pengawas Pilkada ditingkat Kecamatan.

Lebih lanjut dijekaskan Romson, untuk semua para Panwascam harus memiliki fisik dan stamina yang prima, untuk hal ini peserta mencamtumkan surat kesehatan yang kesehatan masing masing telah benar benar di uji di RSUD serta peserta harus bebas dari Narkotika yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas dari narkoba dari RSUD yang telah dihunjuk oleh Bawaslu Kabupaten Tobasa untuk memeriksanya juga harus cakap dalam bidang rohani.

Usai ujian/tes online dilanjutkan dengan test wawancara yang pada tanggal 14-17 Desember 2019 yang akan dilaksanakan di Gedung Dekranasda lantai 2 Balige..

Untuk hasil dari tes online dan wawancara semua akan digabung nilainya. "Peserta yang dinyatakan lulus sebagai Panwascam ooeh Panitia akan dilantik Tanggal 23 Desember 2019 dan mulai bekerja pada 1 Januari 2020," sebut Romson Purba.

Setelah melalui tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Perekrutan Panwascam akan dipilih dan ditetapkan 3 (tiga) orang Panwascam untuk masing masing Kecamatan di 16 Kecamatan seKabupaten Toba Samosir dengan total Anggota Paswacam 48 orang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tobasa divisi Organisasi Sumber Daya Manusia (OSDM) Thomson Manurung juga Ketua kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan Panwascam se Kab Tobasa menjelaskan, untuk pelaksanaan Testing/Ujian secara On Line oleh Bawaslu Kab.Tobasa mempersiapkan 70 Unit Kmputer dengan pembagian 4 tahapan sesi ujian.

Untuk seluruh komputer yang akan digunaka telah diuji dan disambungkan langsung kejaringan Internet, semua Komputer telah terkoneksi kejaringan Internet secara online serta terjaga kerahasiannya.

Disampaikan Thomson Manurung untuk 1 sesi pelaksanaan ujian diikuti sebanyak 50 peserta. Satu orang peserta menggunakan satu komputer yang telah terkoneksi secara online dengan waktu ujian untuk satu sesi 90 menit dan hasil ujian masing masingpoeserta saat itu juga diketahui secara langsung setelah selesai ujian karena Komputer langsung memberitahukan nilai masing masing.

"Begitu peserta selesai ujian dan mengklik "finish" maka hasil ujian akan segera diketahui. Berapa yang benar dan berapa yang salah, berarti mereka sendiri yang memastikan lulus atau tidak," sebut Thomson.*