TANAH KARO-Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingat bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan Terbesar di Dunia. Memiliki titik penting, ini merupakan perdebatan kedaulatan, yaitu bangsa Indonesia bukan hanya daratan. Bangsa Indonesia kombinasi bangsa daratan dan bangsa laut.

Dasar ini, kegiatan tersebut diselenggarakan dan menjadi Irup Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, Jumat (13/12/19) di halaman kantor Bupati Karo Kabanjahe. Dasar ini, kegiatan tersebut diselenggarakan dan menjadi Irup Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, Jumat (13/12/19) di halaman kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Acara dimulai hingga selesai tidak ada kata sambutan dari inspektur upacara dan hanya terpantau pembacaan Doa, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Deklarasi Djuanda.

Usai acara, Bupati karo Terkelin Brahmana mengatakan manfaat Hari Nusantara sangatlah bagus. "Tadi sudah kita dengar dan simak bersama sama, didalam deklarasi Djuanda menyatakan Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki corak tersendiri dan sejak dahulu kala kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan NKRI, sesuai Ketentuan ordonansi 1939.

"Kita adalah bangsa yang besar jangan mau dipecah belah. "Dalam meng-implementasikan di Hari Nusantara ini mari kita isi dunia maya dengan hal-hal positif, produktif, menginspirasi, dan yang memberi semangat. Manfaatkan media sosial yang kita bawa dengan kab. Karo akan memperingati sesuatu yang besar, peristiwa penting, yaitu Hari Nusantara 2019," tutup Terkelin.

Hadir dalam upacara hari Nusantara tersebut Wakil Bupati karo Cory seriwaty br Sebayang, anggota DPRD Karo Dodi Sinuhaji, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu bara, Kajari karo Deni Ahmad SH, MH, Danyon 125/Smb Letkol Inf Anjuanda Pardosi, Sekda Drs kamperas Terkelin Purba, perwakilan Polres Tanah karo, personil TNI, Para ASN, Pramuka.

Acara dimulai hingga selesai. Tidak ada kata sambutan dari inspektur upacara dan hanya terpantau pembacaan Doa, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Deklarasi Djuanda.*