PEKANBARU- Laga kambing antara mobil bus PT Rapi abu-abu dengan plat nomor BK 7408 DE dan mobil truk fuso Isuzu warna putih BM 9635 AO di Jalan Yos Sudarso Kilometer 65, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, pagi tadi disebabkan supir bus PT Rapi mendahului kendaraan lain dan kehilangan ruang gerak saat mendahului. Kasat Lantas (Kaslan) Polresta Pekanbaru, AKP Emil Eka Putra mengatakan, tabrakan berawal saat Bus PT Rapi yang dikemudikan oleh Agus Mando Manik dengan tujuan dari Provinsi Sumatera Utara ke Provinsi Lampung, itu mendahului mobil di kilometer 65 jalan Yos Sudarso, Palas.

"Jadi waktu bus itu mendahului kendaraan lain, dari arah yang berlawanan ada mobil truk Isuzu itu sehingga terjadilah laga kambing antara bus dan mobil truk. Kondisinya usai tabrakan kedua mobil ringsek pada bagian depan dan melintang di jalan raya," kata Emil di Pekanbaru, Kamis (12/12/2019).

Selanjutnya, dari data yang diperoleh petugas kepolisian dilapangan, mobil bus membawa penumpang sebanyak 16 orang, dimana 13 diantaranya mengalami luka-luka mulai dari bagian wajah, kaki, jari-jari hingga ke kepala.

"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, sementara yang luka-luka ada 13 orang dan sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis," lanjut Emil.

Ia menyampaikan, dari 16 orang tersebut yang terdata oleh petugas adalah Mahmud Sembiring, Parlila, Dian Edi, Indra Kesuma, Aminuddin, Sudiman, Hari Hidayat, Tialim Saragih, Mahdalena Saragih, Melina Saragih, Rabbi Eliman Saragih, Syaiful, dan Supir bus Agus Mando Manik.

"Sementara untuk supir truk kita duga melarikan diri karena saat dilakukan olah TKP yang bersangkutan tidak ada dilokasi. Untuk penyebab kecelakaan diduga pengemudi Mobil Bus Rapi BK 7408 DE, Pada saat mendahului tidak memiliki pandangan yang bebas dan tidak tersedia ruang gerak yang cukup," tutup Emil.

Akibat kecelakaan tersebut, menimbulkan kerugian materil hingga 25 juta rupiah. ***