MEDAN-Sekitar 18.000 UMKM di Kota Medan akan diberikan materi dan pendampingan langsung dengan tiga pilar utama yaitu Baik Modal, Baik Penjualan, dan Baik Keuangan lewat Forum Pedagang Baik yang dihadirkan GoPay. Forum Pedagang Baik ini merupakan pelatihan pemanfaatan teknologi yang dirancang khusus untuk pengusaha mikro.

Untuk itu, setelah diluncurkan di Jakarta pada Oktober, Forum Pedagang Baik untuk pertama kalinya akan dihadirkan di Kota Medan. GoPay memberikan pelatihan dan pendampingan langsung untuk ribuan pengusaha mikro di Medan serta menargetkan dapat melatih ribuan rekan usaha mikronya di seluruh Indonesia.

Head of Micro Merchant GoPay, Dewi Yulianti Rosa mengatakan penyusunan materi yang dihadirkan untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek beserta ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM.

"Saat ini sudah bekerja sama dengan 380 ribu mitra UMKM di seluruh Indonesia. Kami memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pelaku UMKM untuk belajar. Mengenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka," katanya baru-baru ini.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut Ridho Haykal Amal yang juga hadir di Forum tersebut mengatakan inisiatif yang GoPay lakukan sejalan dengan komitmen Dinas Koperasi dan UMKM Sumut. Apalagi di era yang serba digital seperti sekarang, penting bagi pedagang kecil untuk mengikuti perkembangan zaman.

"Maka, kami sangat mengapresiasi inisiatif GoPay dalam menyediakan wadah untuk para pelaku UMKM di Medan bisa bersama-sama berkembang," terangnya.

Dalam menjalankan Forum Pedagang Baik, GoPay sendiri terus terbuka dan mengajak berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk berkolaborasi. Pada kesempatan ini, GoPay pun juga menggandeng Komunitas Tangan di Atas (TDA) sebagai salah satu komunitas wirausaha terbesar di Indonesia dengan lebih dari 18.000 anggota yang berbagi visi yang sama dengan GoPay.

“Kami yakin bahwa ketika lebih banyak yang bekerja maka tantangannya pun akan lebih ringan. Kami selalu membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak dan kami membuka diri untuk yang mau bersama-sama membantu UMKM. Sesuai dengan namanya, Tangan di Atas memang punya semangat berbagi, duduk bersama, berbagi, dan kami mendapat banyak insight baru dalam menjalankan bisnis lewat kedekatan tersebut. Kami pun melihat bahwa nilai-nilai komunitas yang kami bawa di TDA tersebut juga diterapkan oleh GoPay di Forum Pedagang Baik ini,” ujar Sekretaris Jenderal Komunitas Tangan di Atas (TDA) cabang Medan, Bag Kinantan yang juga merupakan seorang pengusaha madu hutan dan telah bergabung dengan TDA sejak dua tahun lalu.

Forum Pedagang Baik telah dilaksanakan di 10 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha kecil. Berdasarkan hasil survei yang diikuti oleh peserta Forum Pedagang Baik, lebih dari 90% merasa program ini telah membantu mereka dalam mencatat keuangan dan mengembangkan usahanya sehari-hari.*