MANILA - Impian dua atlet Kick Boxing Indonesia yakni Bonatua Lumban Tungkup dan Aprilando Rumapasal kandas. Keduanya harus pasrah meraih medali perak setelah dikalahkan lawan-lawannya dalam pertandingan final Kick Boxing di Cuneta Astrodome Pasay City Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). 

Bonatua yang memulai pertandingan final melawan Soukan Taipanyavong dari Laos di kelas -60kg mengalami kekalahan menyakitkan. Tindakan petarung Laos yang jelas melanggar aturan dengan menendang bagian vital Bonatua sehingga terkapar pada ronde pertama  tidak diperingati wasit yang memimpin pertandingan. Bahkan, juri pun memutuskan Bonatu kalah tatkala Soukan mengulang tindakan ketika bel tanda pertandingan ronde kedua berakhir. Akibatnya, petarung asal Sunatera Utara itu terpaksa dikeluarkan menggunakan tandu dari ring. 

"Saya terjatuh menahan sakit karena lawan menendang bagian vital di ronde pertama.  Dan, saya tidak sanggup lagi bangun tatkala tendangan yang sama diulangnya saat saya dalam posisi tidak siap karena bel tanda usai pertandingan ronde kedua berbunyi dimana wasit berada di tengah," jelas Bonatua yang terlihat menahan air matanya. 

"Tindakan petarung Laos itu jelas melanggar aturan. Harusnya wasit memberikan peringatan kepada petarung Laos yang melakukan pelanggaran dengan menendang bagian vital Bonatua pada ronde pertama. Yang lebih tidak fair lagi, wsit/juri malah menyatakan Bonatua yang terkapar kalah padahal sudah jelas sekali petarung Laos itu kembali melakukan ulah yang sama saat bel ronde kedua berbunyi dimana wasit yang langsung berada di tengah kedua petarung mengangkat tangannya sebagai tanda berakhirnya ronde," kata Pelatih Kepala Tim Kick Boxing Indonesia, Yani yang sempat melakukan protes kepada juri.

Sementara itu,  Aprilando yang tampil di final kelas -51kg harus mengakui ketangguhan Van Tuan Huynh (Vietnam). Dalam pertarungan tiga ronde itu Aprilando nyaris tidak mampu melepaskan pukulan maupun tendangan karena Van Tuan yang unggul jangkauan dan tinggi badan terus  menjaga jarak pukul.

Dengan hasil ini, Aprilando harus puas meraih perak sedangkan Van Tuan yang unggul dengan skor 7-3 meraih emas. ***