TANAH KARO-Desa Ndeskati Kecamatan Namanteran kabupaten Karo merupakan Desa di sekitar lingkar Gunung Sinabung yang masih memiliki serta menyimpan situs sejarah Merga (Marga) Sitepu.

Camat Namanteran Dwikora Sitepu yang baru mengetahui hal itu meski sudah lama menjabat sebagai camat langsung memanggil Kepala Desa Ndeskati Rahmad Sitepu beserta Sekdes, Selasa, (10/12/19) untuk meninjau serta berziarah ke situs itu. “Saya pun termasuk baru tahu, makanya sebagai keturunan marga Sitepu, saya mengajak kepala desa untuk meninjau langsung dan berziarah,” katanya.

Di lokasi, pihak kecamatan pun disambut penjaga yang merupakan generasi keturunan dari situs tersebut. Sebelum memasuki rumah situs yang dikenal sakral ini, terlebih dahulu dilakukan ritual yang menurut penjaga, merupakan kewajiban bila menerima tamu berkunjung. “Pengunjung atau peziarah beragam dan datang dari segala penjuru daerah. Dari Langkat, Medan serta daerah daerah lainnya,” katanya.

Bahkan katanya, mantan Bupati Dairi yang kala itu menjabat Bupati Karo IS Sihotang berkunjung ke situs ini.

Situs ini berada di dekat Losd (Jambur) Desa Ndeskati. Namun, situs ini termasuk minim perawatan. Dalam kesempatan itu, Camat meminta Kades dan Sekdes untuk melakukan perawatan minimal membuat pagar.

Generasi keturunan yang menjaga situs ini, Pandu Sitepu menyebutkan tempat ini masih sakral. Pihaknya tetap menjaga dan membersihkan situs ini bersama dengan masyarakat desa. “Setiap ada gotong royong desa, selalu dimulai dari situs ini,” katanya. Ia juga berharap kiranya ada pihak pihak yang mau membantu untuk perawatan serta pemugaran situs bersejarah ini.*