SIMALUNGUN-Tim Solu Bolon dari Regal Spring Indonesia (PT AN) berhasil menyabet juara Tiga (3) dalam perlombaan solubolon yang diselenggarakan panitia event Festival Danau Toba yang ke 7 tahun 2019 di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Selasa (10/12/2019).

Lomba Solu Bolon dimulai sekira pukul 10.30 WIB oleh Ketua Umum FDT dan juga sebagai Kadis Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumut dr. Ria Telambanua didampingi Kapolsek Parapat AKP Irsol, menjadi tontonan menarik hingga jam 14.00 WIB.

Jon Bakkara salah satu personel Tim Regal Spring Indonesia kepada wartawan menyampaikan terimakasih kepada PT Aquafarm Nusanatara Regal Springs Indonesia yang memberikan dukungan kepada tim yang berhaluan di Ambarita, Kabupaten Samosir.

"Walau kami hanya juaraTiga, tapi kami sudah mengupayakan semaksimal mungkin, bayangkan Bang, solu hanya ada dua unit, kamipun harus bertanding sampai 4 kali dengan waktu istirahat hanya beberapa menit saja, ini diakibatkan karena Panitia Solu Bolonnya,l kurang siap dalam hal lainnya pengadaan Solunya (sampan). Masa lomba solu bolon tapi solunya hanya dua unit saja, parah lah, dan tahun depan mohon diperbaiki sebab walau hanya ajang hiburan rakyat, tapi jangan menyiksa pemain solunya hanya gegara kurang persiapan panitianya, "keluh Jon Bakkara.

Tim lain juga menyampaikan demikian, logikanya jika ajang lomba solu bolon, pakingbtidak solunya ada 3-5 unit. Jadi saat start awal semua tim sudah harus dilaga dengan sistim Pool atau kelompok A dan B, lalu pertemukanlah antar juara Pool untuk merebut juara 1, 2 dan 3.

"Nah kali ini aneh, ada tim yang sampai 3-4 kali main, dan mempergunakan catatan waktu, habislah nafas, dan beruntung tidak ada korban jiwa," ujar salah seorang pedayung dari Palipi bermarga Sitohang.

Menyikapi beberapa kekurangan panitia Solubolon ini, dr. Ria mengatakan akan memperbaiki semua sistemnya ditahun mendatang. "Saya baru tiga bulan di Instansi ini serta persiapan untuk semua jenis lomba itu pun sangat singkat karena tidak seperti FDT beberapa tahun lalu, maka saya akan menata ulang FDT ini tentu dengan segala evaluasi lebih mendasar lagi, seperti yang disarankan pak Gubernur, maka untuk kali ini pokoknya seru dululah dan ambil hadianya, "katanya.

"Pihak menejemen Regal Springs Indonesia yang memberikan suporting kepada tim Solubolon 'Regal Spring Indonesia' menyampaikan terima kasih, baik kepada panitia maupun kepada semua peserta yang bertanding Solu Bolon, dan tujuan kita memberikan dukungan sesuai program kita yakni "Kami Peduli" dan selamat kepada para juara-juara, mari kita dukung Pariwisata Danau Toba serta terima kasih kepada Tim solu bolon Regal Springs Indonesia Ambarita A dan B, jaga sportifitas demi kelangsungan berbagai event hiburan rakyat Wisata, di Danau Toba kita yang indah ini, "ujar Kasan Mulyono.

Selengkapnya dari sembilan peserta antara lain Regal Springs Indonesia dua Tim, Martoba Samosir dua Tim, Palipi dua tim, Parapat Berjona satu tim dan Humbahas dua tim dengan raihan juara satu dimenangkan Berjona Parapat, juara dua Martoba, juara tiga Regal Springs Indonesia dan juara empat tim Lobster Dragon dari Palipi.

Anehnya dari 7 Kabupaten kawasan Danau Toba yang diharapkan saling mendukung disetiap event FDT secara kusus dalam lomba solu bolon, FDT kali ini hanya diikuti, Kabupaten Simalungun, Samosir dan Humbahas, sementara dukungan tim solu bolon dari Kabupaten lainnya seperti Taput, Dairi, Karo dan Tobasa tidak ikut serta .*