PALUTA-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (PALUTA) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menyelenggarakan Road Map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang berkaitan dengan Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2019-2023 di Aula BAPPEDA Kabupaten Padang Lawas Utara Selasa (10/12/2019).

Acara Road Map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dihadiri oleh Asisten Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara Drs.Ali Akbar Siagian, MM,Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tongku Palit Hasibuan,SE,Ak.M.Si., Pimpinan OPD,Tokoh Masyarakat dan Pemuda,Pelaku Usaha,beserta tamu undangan lainnya.

Road Map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan salah satu dokumen yang menjabarkan pergerakan perekonomian daerah melalui pengembangan inovasi dalam mengelola hasil pertanian pangan, perkebunan dan peternakan oleh institusi-institusi pemerintah daerah baik secara sektoral maupun lintas sektor dari berbagai pihak.

Drs.Ali Akbar Siagian, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan pembangunan Kabupaten Padang Lawas Utara ke depan akan semakin besar dan kompleks seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dan tuntutan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu, mengharuskan pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan daya saing, utamanya melalui penguatan sistem inovasi yang diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan kinerja perkonomian suatu daerah dan pada akhirnya dapat menyejahterakan masyarakat." ucap Ali.

Menurutnya,penguatan sistem inovasi daerah disusun dengan maksud agar perangkat pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara dan para pemangku kepentingan dapat memahami arah, prioritas serta kerangka kebijakan dalam mengembangkan sistem inovasi daerah serta mendorong terbentuknya daya saing, kreatifitas, dan inovasi dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.*