MANILA - Dua petinju Indonesia yakni Kornelis Kwangu Langu dan Endang gagal meraih emas cabang olahraga tinju SEA Games XXX 2019. Keduanya harus puas dengan medali perak setelah mengalami kekalahan dalam pertandingan final melawan petinju tuan rumah Filipina di Philipine International Convention Centre (PICC) Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Di final kelas Layang Ringan (46-48kg) putra, Kornelis Kwangu Langu tampil sangat agresif dalam pertandingan tiga ronde melawan Carlo Paalam.  Namun, Kornelis hanya bisa pasrah ketika juri mengumumkan dirinya kalah angka tipis dari Carlo dengan skor 2-3. 

"Ya, saya hanya bisa pasrah dengan keputusan wasit. Yang pasti, saya sudah  tampil sebaik mungkin untuk bisa mengalahkannya. Memang rezeki saya hanya medali perak di Filipina," kata Kornelis yang ditemui usai pertandingan.

"Penampilan Kornelis sangat bagus. Dia sangat agresif dan banyak melepaskan pukulan. Harusnya, Kornelis yang memang terapi dikalahkan juri," timpal Ketua Umum PB Pertina, Jhony Asadoma. 

Nasib yang sama juga dialami Endang. Tampil di kelas Layang Ringan (45-48kg) putri, Endang yang dipaksa bertarung dalam jarak pendek harus mengakui ketangguhan Josi Gabuco (Filipina). Wasit memberikan kemenangan bagi Josi dengan skor 0-5. 

"Endang memang kalah dari petinju Filipina. Pukulannya banyak yang tidak mengenai sasaran ketika meladeni pertarungan jarak pendek yang diterapkan lawannya. Dia harusnya bermain dalam jarak pukul karena unggul jangkauan," jelas Jhony Asadoma yang juga mantan petibju nasional. ***