TOBASA-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatra Utara bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi UKM Kabupaten Toba Samosir menyelenggarakan pasar murah di Kecamatan Uluan, Senin (2/11/2019) dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

Pasar murah digelar guna untuk meringankan beban masyarakat "Mengingat besarnya kebutuhan ekonomi masyarakat dalam menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatra Utara bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi UKM Tobasa, meringankan beban masyarakat.

Hadir dari Prop.Sumut Pelaksana tugas, Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Provinsi Sumatra Utara, Azrai R. Hanafi AH dan rombongannya.

Azrai dalam sambutannya menjelaskan, Pasar murah digelar dengan harga sembako yang kita jajakan kepada masyarakat dengan penurunan harga lebih murah dari pasar pada umumnya dengan kisaran Rp 1000 hingga Rp 14.000/ Kg nya.

Pada pasar murah yang digelar menyuguhkan, Sirup kurnia harga 17.000/ botol di pasar umum 18.000/kg, kacang tanah 25.000/kg di pasar umum 30.000/kg, pulut ketan 16.000/kg di pasar umum 25.000 hingga 30.000 /kg, telur ayam Rp 1250/ butir, di pasar umum 1600, bawang putih Rp 22.000/kg di pasar umum Rp 28.000 hingga Rp 30.000/kg, tepung Rp 9000/kg di pasar umum Rp 12.000, minyak goreng Rp 95.000/kg di pasar umum Rp 13.000 dan lainnya.

Kepala Dinas (Kadis) Koperindag Tobasa, Marsarasi Simanjuntak menjelaskan, bahwa pasar murah yang digelar di Kecamatan Uluan adalah usulan Dinas Koperindak Tobasa kepada Disperindag Provinsi Sumatera utara, supaya masyarakat Toba Samoair dapat terbantu jelang perayaan Natal 25/26 Desember 2019 dan Tahun Baru 01 Januari 2020 melalui bantuan penuruanan harga kebutuhan sembako serta harga dapat diminimalisir.

"Mengingat kebutuhan sembako seperti, beras, minyak goreng, cabai, Bawang dan Andaliman serta Pakaian, dipastikan harga akan melonjak naik di bulan Desember akhir tahun 2019 khusnya menjelang Natal dan Tahun Baru,"jelasnya.

"Melalui program kegiatan pasar murah ini setidaknya kita telah membantu warga dengan harga murah melalui pagelaran pasar murah tersebut," terang Marsarasi.

Camat Uluan Henri Butarbutar kepada wartawan menyampaikan bahwa dia dan warganya merasa diuntungkan atas digelarnya pasar murah di kecamatannya. "Semoga dengan pasar murah perayaan Natal dan Tahun Baru dapat lebih meriah,"harapnya.

"Saya selaku Camat Kecamatan Uluan atas nama warga kecamatan Uluan menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Toba Samosir atas program Pasar Murah yang digelar Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi UKM Tobasa bersama dengan Disperindag Prop.Sumut yang telah mendisposisikan pelaksanaan pasar murah di kecamatannya,"tukas Henri.

Pasar murah yang di gelar di Desa Partoruan Janjimatogu dihadiri Ratusan masyarakat dari berbagai perdesaan se Kecamatan Uluan.

salah seorang warga Kecamatan Uluan, Murni Manurung (47) sangat mengapresiasi dilaksanakannya pasar murah ini. "Pasar murah yang digelar pihak Provinsi Sumatra Utara bersama Pemerintah Kabupaten Toba Samosir cukup membantu kami masyarakat, terlebih saya sebagai ibu rumah tangga, yang harus membagi keuangan untuk kebutuhan rumah tangga. Harapan kita, semoga saja pasar murah ini jangan sekali ini saja digelar. Andai memungkinkan digelar dua atau tiga kali sebelum Natal dan Tahun Baru," pinta Murni.*