MEDAN-Bagi yang sedang ingin berbelanja dan ingin menikmati perkembangan UKM dan UMKM Sumatera Utara khususnya kota Medan hadiri Promo dan Pasar KUMKM 2019 yang digelar Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sumut selama 3 hari, yaitu dari tanggal 6-8 Desember 2019 di area Pasar Kedan Kompleks MMTC Jalan Pancing Medan.

Acara pembukaan Promo dan Pasar KUMKM 2019 yang digelar Jumat (6/12/2019) diresmikan langsung oleh Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Mhd Haykal. Sebanyak 350 Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM ) dan Menengah (KUMKM) 2019 ramaikan acara.

Mhd Haykal berharap kegiatan yang bertemakan UKM naik Kelas Sumut Bermartabat ini dapat mendorong para pelaku UMKM menjadi semakin maju.

Ketua Panitia Acara Salmek saragih mengungkapkan salah satu permasalahan yang dialami para UMKM adalah masalah pemasaran. "Kita berharap melalui acara ini bisa mempertemukan para pelaku usaha dengan konsumen dan terjadinya transaksi jaringan bisnis," harapnya.

Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan izin usaha secara simbolis kepada Muhammad Affandi (Boss DImsum), Sri Rukmini SH,MKN (Chilly Handmade), Iis Rahyani (Bandeng Presto), Selvita Pertama (Maz Rumah Nongkrong) serta Laila Fahmi (Keripik Tempe Ahai), peragaan busana Vita Collections, serta diakhiri penampilan artis ibukota Indah Nevertari.

Selama pelaksanaan kegiatan, di tempat acara juga diadakan berbagai kegiatan interaktif untuk pengunjung. Hari ini, Sabtu (7/12) pagi berlangsung Lomba Mewarnai tingkat TK, dilanjutkan Lomba Busana Daerah, Band Competition, Seminar UMKM, hiburan Band D`Wonders serta pengumuman pemenang pada malam hari dilanjutkan penyerahan hadiah dan penarikan lucky draw.

Pasar Kedan sendiri sebelumnya sudah ada, dan merupakan sebuah pasar malam yang banyak menjual makanan serta permainan untuk anak-anak dan banyak keluarga yang mengunjunginya setiap malam.

Berbagai produk dijual di tempat ini.Mulai dari sepatu kulit dan sepatu berbahan kulit ular, makanan dan jajanan khas seperti dodol Sergai, Kacang Sihobuk dari Taput, snack, kain ulos dan kain tenun, produk herbal , madu hutan, minyak gosok Karo, aneka hasil cinderamata dari binaan Dekranasda Sumut, layanan perbankan BRI, dan lainnya.*