SERANG - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kota Cilegon, Jumat (6/12/2019). Jokowi, mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon di Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, dan memeriksa pelayanan BPJS Kesehatan di sana.

“Setiba di Banten pagi ini, saya langsung ke RSUD Cilegon. Seperti sebelumnya di Lampung dan Subang, saya meninjau pelayanan BPJS Kesehatan. Terutama, hendak memastikan apakah yang berada di kelas III itu peserta BPJS,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku belum mendapatkan keluhan dari masyarakat.

“Sebagian besar pasien yang datang berobat ditanggung BPJS. Sejauh ini, saya juga belum mendengar keluhan langsung pelayanan di tiga rumah sakit yang saya datangi tersebut,” katanya.

Sementara terkait fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah yang mungkin perlu diperbaiki, Jokowi mengatakan, "itu tugas pemerintah daerah, tugas pemerintah kota, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, sebagai pemilik hampir semua rumah sakit umum,".

Terkait dengan keluhan sejumlah rumah sakit mengenai keterlambatan pembayaran yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui hal itu karena BPJS masih defisit.

“Itu yang mau kita atasi sudah empat tahun ini tapi belum ketemu jawabannya,” kata Presiden.

Tapi sekarang, lanjut Presiden, Menteri Kesehatan sudah menyampaikan di Rapat Terbatas kemarin, tahun depan sudah ada ketemu jurusnya, sudah ketemu.

“Ya, nanti tanyakan ke Menkes, sudah,” ujarnya.***