TOBASA-Pemeritahan Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir sukses menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 10 desa wilayah Pemerintahannya Kamis, 05/12/2019.

Pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Laguboti di beberapa desa oleh Wakil Bupati Toba Samosir Ir.Hulman Sitorus, M.Si di dampingi Sekretaris Inspektorat James Pasaribu dan rombongan turun langsung melihat dan memantau proses berjalannya Pemilihan kepala Desa.

Hadirnya rombongan Wakil Bupati memantau pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Laguboti di sambut langsung oleh Camat Laguboti Nelly Tobing dan Ketua Tim Monitoring Pilkades dari Dinas PMDP dan PPA Kab,Tobasa Melati Silalahi, SE.M.Si serta mendampinginya menuju TPS pemilihan Pilkades di 10 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa baru.

Pelaksanaan Pilkades Kecamatan Laguboti di beberapa TPS P2KD nya berperan aktif dengan menjemput para penyandang cacat disabilitas dan para Lansia yang sudah kesulitan berjalan. Semuanya dijemput dari rumahnya masing masing untuk memberikan suara hak pilihnya pada Pilkades di desanya seperti di TPS Pilkades Desa Aruan, Desa Tinggir Nipasir dan Desa Sibarani Nasampulu Namukkup.

Dari 22 desa seKecamatan Laguboti 10 desa yang melaksanakan Pilkades desa Simatibung dengan 4 Cakades (1.Lintong S Hutahean, 2.Jhonsosn Hutahaean, 3.Gindo T Hutahaean dan 4.Achmad Bastian Hutahaean) dimenangkan No.4 Achmad Bastian Hutahaean 166 Suara.

Desa Oppu Raja Hutapea 2 Cakades (1.Arta Lastiana dan 2.Kalvin Hutapea,SSi) dimenangkan No.2 Kalvin Hutapea, S,Si 291 suara, desa Sitoluama 3 Cakades (1.Mompotua Pangaribuan/Incumbent, 2.Dongan T Pangaribuan dan 3.Sadar Pangaribuan) dimenangkan No. 2 Dongan Torang Pangaribuan 513 suara.

Desa Sintong Marnipi 4 Cakades ( 1.Baktiar Hutapea, 2.Alboin Hutapea, 3.Juntula Hutapea dan 4.Panti A Hutapea) dimenangkan No.1 Baktiar Hutapea 366 Suara, desa Sibarani Nasampulu 5 Cakades (1. Piatur Sibarani , 2. Soltan Sibarani, 3.Tambun Sibarani, 4.Mangatur Sibarani dan 5.Anna Elfrida Sibarani) dimenangkan oleh No. 2 Soltan Sibarani 355 suara.

Untuk Desa Lumban Binanga dengan 3 Cakades (1.Boby Hutajulu, 2.Ramot Hutajulu dan 3.Romulus Hutajulu) di menangkan oleh No.1 Boby Hutajulu Incumbent 140 suara, desa Sibuea 3 Cakades (1.Tumpak Sibuea, 2.Jelly Sibuea dan 3.Carles Sibuea) dimenangkan oleh No. 3 Carles Sibuea dengan 314 suara.

Desa Tinggir Nipasir 2 Cakades (1.Reinhard Hutajulu dan 2.Linggo Hutajulu) dimenangkan oleh No. 2 Linggo Hutajulu 156 suara, desa Sitangkola 2 Cakades (1.Ronald Sibarani dan 2.Hasqhatan Sibarani) dimenangkan oleh No.1 Ronald Sibarani 175 suara dan desa Arua memiliki 4 Cakades (1.Bintang Aruan, 2.Esra F Aruan, 3.Vivi Andriani dan 4.Bontor Aruan) berhasil dimenangkan oleh No.1 Bintang Aruan incumbent 230 suara.

Camat Laguboti melalui Sekretaris Desa Haunatas Dua Asco Pasaribu kepada Gosumut menjelaskan, pelaksanaan Pilkades di 10 desa Kecamatan Laguboti berjalan sukses, Aman dan Kondusif dengan mendapat pengawalan dan pengawasan dari aparat Kepolisian Sektor Laguboti dan Anggota BABINSA Koramil 12 Laguboti dengan Ketua Tim Monitoring Melati Silalahi, SE, M.Si dari Dinas PMDP dan PPA Pemkab Tobasa.*