MANILA- Harapan skuad Garuda Muda meraih tiket semifinal SEA Games 2019 akhirnya terwujud. Pasukan Indra Sjafri menjejakkan kaki ke babak semifinal dengan status runner up dengan raihan 12 poin. Adapun Vietnam memuncaki klasemen Grup B setelah mengumpulkan 13 angka.  

Thailand, salah satu pesaing berat di grup harus pulang lebih awal lantaran hanya mampu mengemas 10 poin. Pada laga pamungkas, Thailand bermain imbang 2-2 kontra Vietnam.

Sementara Garuda Muda menang telak 4-0 atas Laos pada laga yang digelar di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12). Osvaldo Haay memborong dua gol, lalu Bagas Adi dan Saddil Ramdani mencetak satu gol.

Pada partai semifinal, Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan bakal menantang juara Grup A, Myanmar. Sedangkan Vietnam meladeni runner up grup yang dihuni Kamboja. Tuan rumah Filipina tersingkir lantaran gagal bersaing dengan dua tim terbaik di grup tesebut.

Sesuai jadwal, babak empat besar akan dipertandingkan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu 7 Desember pukul 15.00 WIB.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri mengatakan, target untuk mengamankan satu tiket semifinal sudah sesuai yang diharapkan. Anak-anak asuhannya disebut bermain baik dan sesuai skenario. "Pertandingan hari ini, kita lakoni dengan sangat baik walaupun babak pertama sedikit kurang bagus dalam game. Mungkin karena beberapa pemain sudah bermain beberapa kali, ada dua pemain yang masih cedera," ujar Indra Sjafri usai laga. 

Pihaknya segera mengevaluasi tim agar persiapan lawan Myanmar bisa berjalan dengan maksimal. "Kita perlu bersiap-siap untuk semifinal dengan interval hanya satu hari. Dan kita akan perlu memberikan recovery untuk bisa bermain lebih di tanggal 7 (saat semifinal)," terangnya. ***