TOBASA-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) desa Sibide Barat Kecamatan Silaen untuk Periode jabatan 2020/2026 dengan 2 peserta Calon Kepala Desa (Cakades) Jhansen Parulian Purba dan Doharman Siagian sebagai Incumbent.

Pilkades Desa Sibide Barat dilaksanakan di dusun Siriaria Kecamatan Silaen Kamis, (5/12/2019) di komplek halaman Kantor Kepala Desa Calon Kades (Cakades) No.1 Jhansen Parulian Purba dan No urut 2 Doharman Siagian (incumbent).

Desa Sibide Barat memiliki Jumlah Pemilih sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 455 Pemilih Tetap (Laki Laki dan Perempuan).jumlah pemilih yang hadir memberikan suara hak pilih 293 Suara (153 Laki Laki dan 140 Perempuan).

Laki Laki yang tidak memberikan hak suaranya 80 orang sedangkan Perempuan yang tidak memberikan suara hak pilihnya 82 suara dengan total Jumlah suara yang tidak memilih sesuai daftar DPT 162 Orang.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) desa Sibide Barat Ladimer Simanjuntak didampingi Sekretaris Sartoga Simanjuntak dan Bendahara Patar Tua Panjaitan kepada Gosumut usai lenghitungan menjelaskan, pelaksanaan Pilkades di desa Sibide Barat mulai dari awal perencanaan hingga menjalankan semua tahapan pelaksanaan jelang Pilkades hingga pelaksanaan hari H Pilkades semua berjalan aman, lancar dan kondusif.

Sekdes Sibide Barat Jusman Simanjuntak juga mejelaskan, semua warga desa Sibide Barat Kecamatan Silaen dari awal dan tahapan pilkades hingga pelaksanaan Pemilihan tetap saling menjaga dan berangkulan demi memelihara keamanan, ketertiban khususnya kekondisfan desa."Khusisnya dari berbagai hal gesekan yang akan mungkin terjadi untuk menimbulkan perpecahan di antara warga desa. Kami tetap berprinsip "pilihan boleh beda, tetapi kita tetap satu," ungkap Sekdes.

Senada dengan Sekdes dan Ketua P2KD, Ketua BPD Paimin Siagian didampingi Wakil Ketua Elvis Tambunan dan Sekretris BPD Rican Siagian serta anggota BPD Gerbang Simanjuntak menyampaikan, kami mengucapkan terima kasih atas pengawalan yang dilaksankan oleh anggota Polri Sektor Silaen Briptu Pol Wesly Manik dan Anggota BABINSA Koramil 14 Silaen Serda Nafrimal yang telah memberikan pengamanan di desa kami demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Sibide Barat.

Pemilihan Kepala Desa Sibide Barat dimenangkan oleh calon Kepala Desa Nomor urut 2 Doharman Siagian dengan perolehan suara sah 280 suara sah sedangkan untuk Calon Kepala Desa nomor urut 1 Jhansen P Purba memperoleh 5 suara dan suara batal 8 suara.

Usai perhitungan suara, Kepala Desa terpilih Doharman Siagian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat desa Sibide Barat yang telah memsukseskan pelaksanaan Pilkades. "Kemenangan yang saya raih pada Pilkades ini adalah atas keyakinan dan kepercayaan masyarakat desa Sibide Barat,"imbuhnya.

Terpilhnya saya di Pilkades tahun 2019 ini oleh warga desa Sibide Barat untuk duduk kembali menjadi Kepala Desa akan saya jaga.untuk itu,amanah yang telah di percayakan warga desa Sibide Barata kepada saya melalui pilkades ini akan saya jalankan dengan baik sesuai dengan aturan Hukum dan Undang Undang.

"Pilkades telah usai, marilah kita kembali bergandeng tangan dan bersama sama.pilihan boleh beda tetapi kita tetap satu. karena semua yang ada dan yang akan ada nantinya di desa kita ini adalah "dari kita,oleh kita dan untuk kita semua juga".jangamlah kita terpecah oleh karena berbeda pilihan dan dukungan, kita harus tetap satu menyongsong hari depan yang lebih baik," tegasnya.*