LABUHANBATU - Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang keterampilan, Bupati H.Andi Suhaimi Dalimunthe diwakili Kepala Dinas Sosial H.Pendy Harahap memberangkatkan Karang Taruna study banding daur ulang sampah ke Bandung, Provinsi Jawa Barat, Selasa (3/12/2019).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu H.Pendy Harahap Sp mengatakan, study banding ini dilakukan karena Kota Bandung adalah yang terbaik se - Indonesia dalam segi pengelolaan manajemen di bidang sampah.

"Sebab Karang Taruna melaksanakan 3R (Reuce/menggunakan kembali, Reduce/mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan Sampah, Recycle mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat," ungkapnya.

Berdasarkan koordinasi dengan Karang Taruna Kota Bandung melalui Dinas Sosial dan Pengentas Kemiskinan Kota Bandung, rombongan karang Taruna Labuhanbatu akan disambut Dinas Sosial dan Pengentasan Kemiskinan bersama Karang Taruna Kota Bandung pada 5 Desember 2019.

"Pemberangkatan Karang Taruna Labuhanbatu ini dikordinir Kabid Sosial Zufri dan Ketua Karang Taruna kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra. Karang Taruna Labuhanbatu bersama dengan Karang Taruna Kota Bandung akan meninjau langsung ke lokasi proses pengelolaan daur ulang sampah sampai dengan hasilnya di Kecamatan Ranca Sari, Kota Bandung," terang Pendy.

Untuk itu, BUpati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi melalui Kadis Sosial, berperan agar menjaga nama baik Kabupaten Labuhanbatu dan dapat mengadopsi ilmu atau teknologi tentang manajemen dan tata cara proses pengelolaan sampah yang dilaksanakan Karang Taruna Kota Bandung.

"Sehingga sekembalinya ke Kabupaten Labuhanbatu dapat menjadi bekal atau modal dasar dalam pelaksanaan 3R di kabupaten yang kita cintai ini," pesan Bupati Labuhanbatu.

Selan itu, study banding ini juga diharapkan dapat menguatkan komitmen Karang Taruna Labuhanbatu dalam hal pengelolaan sampah di melalui Bank Sampah yang ada di Labuhanbatu, sebagaimana MoU antara Dinas DLH dengan Karang Taruna Labuhanbatu tentang pengelolaan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah Dinas DLH Kabupaten Labuhanbatu. (P Nababan/Hendry)