MANILA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengapresiasi perjuangan Edgar Cavier Marvelo di tengah suasana duka mampu merebut medali emas dari nomor Taulo pada SEA Games XXX yang digelar di Hall A World Trade Centre Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019).

"Luar biasa perjuangan yang ditunjukkan Edgar Xavier Marvelo. Dia begitu tegar dan mampu menunjukkan penampilan terbaik pada saat dalam keadaan berduka. Dan, saya mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya ayahanda Edgar Xavier Marvelo," kata Menpora Zainudin Amali yang dihubungi melalui telepon selular.

Ayah Edgar Xavier Marvelo, Lo Thiang Meng (Ameng) meninggal dunia Selasa, 3 December 2019 pukul 01:00 WIB. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka Gramd Heven Pluit Room 812, Jakarta Utara.

Bukan hanya Menpora, Presiden National Olympic Committee Indonesia, Raja Sapta Oktohari juga memuji ketegaran Edgar Xavier Marvelo.. "Ibarat prajurit yang tidak boleh meninggalkan medan tempur. Edgar itu sebagai ksatria sejati. Di tengah duka yang mendalam, dia bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk mengibarkan Merah Putih di ajang SEA Games Filipina 2019," kata Okto sembari mengucapkan duka mendalam.

Perasaan bangga juga dilontarkan Sekjen PB WI, Ngatino yang terus mendampingi Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan. "PB WI bangga atas perjuangan yang telah ditunjukkan Edgar Xavier Marvelo. Luar biasa memang ketegaran Edgar yang kehilangan orang tua saat menghadapi pertandingan," pujinya. .

Rencananya, Edgar Xavier akan kembali ke Indonesia, Rabu (4/12/2019) pagi. "Hari ini tidak ada penerbangan karena ada badai yang melanda Filipina. Muah-mudahan Edgar bisa berangkat besok pagi," kata Ngatino. ***