MANILA - Lifter putra Indonesia, Deni sukses merebut medali emas pada kelas 67kg putra pada cabang olahraga Angkat Besi SEA Games XXX yang digelar di Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina, Selasa, 3 Desember 2019. Bagi Deni ini merupakan emas ketiga setelah sebelumnya dia merebut emas pada SEA Games Myanmar 2013 dan SEA Games Malaysia 2017. Tampil penuh percaya diri, Deni menjadi yang terbaik dengan total angkatan 315kg (143kg Snatch, 172kg Clean and Jerk). Medali perak direbut lifter Vietnam, Dinh Xuan Hoang dengan total angkatan 308kg (135kg Snatch, 173kg Clean and Jerk) dan medali perunggu direbut lifter tuan rumah Filipina, Colonia Nestor dengan total angkatan 287kg (127 Snatch, 172kg Clean and Jerk).

Ini merupakan emas ketiga dari Tim Angkat Besi setelah sebelumnya Windy Cantika Aisyah (49kg putri) dan Eko Yuli Irawan (61kg putra) menyumbang medali emas. "Medali emas ketiga yang disumbangkan Deni ini sudah sesuai prediksi awal," kata Pelatih Kepala Tim Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja yang ditemui usai pertandingan.

Meski sudah meraih 3 emas, kata Dirdja, cabang olahraga angkat besi masih berpeluang menambah perolehan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Pasalnya, Indonesia masih menurunkan dua lifter lagi di hari terakhir pertandingan cabor angkat besi, Rabu (3/12/2019). Yakni, Tsabitha yang akan turun di kelas 71kg putri dan Abdullah Ramhat di kelas 73kg putra.

"Kita masih berpeluang menambah satu medali emas lewat Abdullah Rahmat yang sudah dalam kondisi prima untuk tampil," kata Dirdja Wihardja. ***