Bedah Biografi Mhd Syafii, Menkumham Yasonna Direncanakan Hadir

Bedah Biografi Mhd Syafii, Menkumham Yasonna Direncanakan Hadir
Selasa, 03 Desember 2019 13:07 WIB
Penulis: Rel
MEDAN - Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Prof Yasonna H Laoly, SH, MSc, PhD direncanakan hadir pada Bedah Buku Biografi Dr Drs H Mhd Syafii, SH, MH, MSi pada Januari 2020 di Medan.

Kesediaan Menkumham Yasonna Laoly hadir membuka dan sebagai key note speaker dalam bedah buku biografi tersebut saat Menkumham bertemu dengan Mhd Syafii di VIP Room Kualanamu International Airport, Senin (2/12/2019).

Buku biografi berjudul ‘Muhammad Syafi’i Si Pemberani Dari Batubara, Bagai Mengalir Darah Satria Pangeran Asal Kerajaan Alam Pagaruyung’ tersebut dipanelisi oleh Prof Dr Abdul Hamid K, M.Pd (akademisi Unimed), Prof Dr Usman Pely, MA (budayawan) dan Dr RE Nainggolan, MSi (tokoh masyarakat).

Dalam pertemuan sekaligus jamuan makan siang itu, Menkumham Yasonna Laoly menyambut baik terbitnya biografi tersebut. ‘’Saya bersedia hadir dan nanti kita jadwalkan tanggal berapa di bulan Januari 2020,’’ terang Yasonna didampingi Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut Sutrisman.

Ads
Yasonna yakin, para pembaca dari semua generasi akan bertambah wawasannya tentang sejarah suatu daerah dan akan termotivasi jiwa dan semangat dalam berjuang tanpa henti dan silih berganti dengan penuh keberanian untuk mencapai suatu keberhasilan dalam satu atau berbagai impian seperti yang dipersembahkan oleh Mhd Syafii.

Biografi pendiri Yayasan Pendidikan Islam Asy-Syafi’iyah Internasional Medan dan Yayasan Pesantren Asy-Syafi’iyah Modern Terpadu Batubara ini, sudah menyangkut berbagai hal, terutama mengenai sejarah asal usul berdiri kampung halamannya Batubara yang punya kaitan dengan Kerajaan Alam Pagaruyung yang kini bernama Minangkabau.

Biografi ini, lanjut Yasonna, bisa mengungkap apa yang belum terungkap selama ini, termasuk asal usul berdirinya kampung kelahiran dan juga garis keturunan orangtuanya. Yang sangat bermakna dari isi buku biografi ini menurut penilaian Yasonna adalah jiwa satria dari seorang yang bernama Mhd Syafii yang tidak larut dalam suatu kekecewaan.

‘’Mhd Syafii mampu mengubah atau menyulap dengan suatu terobosan baru sehingga telah menempatkan dirinya untuk hidup dalam berbagai dunia yakni, birokrasi, pendidikan, hukum dan politik,’’ ucap Yasonna.

Sebelumnya, Mhd Syafii menyebutkan, buku biografi yang diterbitkan Yayasan Pustaka Obor Indonesia setebal hampir 500 halaman ini juga menceritakan perjalanan karir dari keluarga kurang mampu hingga masuk PNS. ‘’Pahit getir hidup pernah saya alami. ‘’Yang menarik, sebelum menjabat Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut, saya pernah ‘enam bulan makan gaji buta’ dan jabatan baru, eselon turun,’’ cerita Mhd Syafii.

Selain sambutan Menkumham Yasonna Laoly dimuat di buku biografi tersebut, juga ada sambutan Sultan Dr H Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darulgarar dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.
Editor : Winsyah
Kategori : Gonews Group, Pendidikan, Sumatera Utara, Medan
www www