MEDAN-Menjadi bagian yang sangat penting dalam membantu suksesnya pelaksanaan Pilkada Medan 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membentuk Media Center KPU Kota Medan untuk Pilkada Medan 2020.

Adapun Media Center ini nantinya berada di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Medan. Hal ini disampaikan, Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik lantaran media massa menjadi pihak yang sangat kompeten dalam menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat.

"Media ini menjadi salah satu stakeholder yang penting bagi kami terkait jalannya Pilkada Medan 2020," ungkap Agussyah didampingi Anggota KPU Medan Edi Suhartono, Zefrizal dan Rinaldi Khair, Senin (2/12/2019).

Dijelaskan, Agussyah, persoalan informasi merupakan bagian yang sangat penting seiring berjalannya tahapan-tahapan Pilkada di Kota Medan.

"Media massa ini menjadi mitra penting untuk mengedukasi masyarakat dan juga menghempang berbagai informasi bohong atau hoaks yang sangat merugikan kita semua," ucapnya.

Ia menceritakan pengalaman mereka beberapa waktu lalu saat KPU Medan diserang isu hoaks. Saat itu, mereka sangat terganggu dengan munculnya isu bohong tersebut.

"Klarifikasi melalui media massa inilah yang kami harapkan dapat menghempang hoaks itu," cetusnya.

Anggota KPU Medan Rinaldi Khair mengatakan, dalam menjadi mitra, kalangan media massa diharapkan tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan seputar tahapan Pilkada. Media massa harus tetap berjalan pada koridor yang sesuai dengan fungsi pers.

"Kepercayaan publik kepada KPU selaku penyelenggara maupun kepada para calon, kuncinya adalah transparansi dari media itu sendiri," ujarnya.

Sementara, Anggota KPU Medan lainnya, Zefrizal meyakini kerja sama yang baik dari kalangan media massa dapat mendorong partisipasi masyarakat pada Pilkada Medan 2020.

"Tingkat partisipasi yang sudah diraih pada Pemilu yang lalu sekitar 78 persen. Untuk itu, pada Pilkada 2020 nanti kami harapkan bisa dipertahankan dan kita upayakan ditingkatkan," sebutnya.

Dalam pembentukan media center, Amru Lubis terpilih menjadi koordinator dan didampingi Jonris Purba selaku sekretaris Pokja. Anggota KPU Medan divisi Partisipasi masyarakat Edi Suhartono berharap terbentuknya media center ini menjadi pintu informasi Pilkada Medan 2020.*