TANAH KARO-Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Staf ahli Bupati karo Agustin Pandia, Kadispora Robert Billy perangin Angin, menghadiri Delekrasi Peluncuran Buku Biografi Pejuang Nerus Ginting Suka di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kamis (28/11/19) Di jalan veteran kabanjahe.

Kegiatan ini dirangkai dengan diselingi tari tarian karo untuk mengisi acara sebelum puncak acara dilangsungkan. Bupati Karo memberikan kata sambutan mengemukakan sangat mengapresiasi yang luar biasa atas Peluncuran Buku Biografi alm. Nerus Ginting yang dimotori oleh kadis pora ksro Robert Billy Perangin-angin dengan berkolaborasi bersama putri Almarhum.

Bupati berpesan khusus kepada generasi milenial Karo agar terus memupuk semangat cintai sejarah dan jangan pernah melupakan sejarah perintis kemerdekaan yang sudah berjuang membela negara dan bangsa pada era zaman penjajahan.

Lanjutnya, dirinya mengharapkan hasil cetak Buku ini sebagian disumbangkan ke Perpustakaan Pemkab Karo, agar para milenial dapat membaca dan mengetahui sejarah. "Bahwa masa zamannya ada seorang tokoh berasal dari Putra Karo ikut bagian dalam memperebutkan kemerdekaan RI," sambung Terkelin.

Usai peluncuran Buku Biografi ini, dirinya meminta lapisan seganap masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya, mari bergandengan tangan, kita usulkan almarhum Nerus Ginting sebagai Pahlawan Nasional,” katanya.

Kadispora Robert Billy Perangin-angin selaku penulis Biografi Nerus Ginting menceritakan hasil tulisan yang telah tercetak dalam buku. "Pada zaman penjajahan Jepang dan Belanda banyak orang-orang dibuang ke Boven Digul,"ujarnya. Untuk mengisi kemerdekaan ini, Nerus Ginting menyampaikan pesan kepada masyarakat Karo yang dituliskan dalam bahasa Karo, “Ula Pagi kemerdekaan enda bagi taruk nitempi, ula pagi kemerdekaan enda bagi si ngacip tubis”.

"Singkat cerita, Pada Tahun 1959, almarhum Nerus Ginting oleh pemerintah menerbitkan Surat Keputusan Presiden melalui surat Menteri Sosial RI Nomor. Pol 79/PK, Tanggal 14 maret 1959 ditetapkan menjadi tokoh Perintis Kemerdekaan RI," sebut Robert.

Hal senada dikatakan keluarga almarhum Nerus Ginting yakni Anna Br Ginting SH dan Dra Ingansip Br Ginting. Dikatakan kisah Biografi terbitnya buku pejuang tokoh karo tak lain adalah ayahnya sendiri atas berkat kerjasama dengan pak Robert perangin Angin dalam merangkul cerita masa zamannya.

"Untuk kami atas keluarga almarhum Nerus Ginting mengucapkan, segala pihak telah hadir dan meluangkan waktu secara ikhlas mengikuti kegiatan peluncuran buku biografi ayah kami tercinta ini dengan lancar dan sukses," pungkasnya.*