LABUSEL - Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, Kapolsek Torgamba, AKP Mulyadi meminta agar warga selalu mewaspadai pendatang baru dan berpesan kepala dusun untuk peduli dengan warga dan lingkungannya. "Apabila ada pendatang baru, harus lapor ke pemerintah setempat 1 x 24 jam," tegas Kapolsek, Rabu (27/11/2019).

Selain itu, Kapolsek melalui personel Bhabinkamtibmas Aipda M Simanjuntak melaksanakan musyawarah dan pesan kamtibmas di Desa Torganda, Kecamatan Torgamba, tepatnya kepada karyawan kontraktor.

"Utamakan keselamatan kerja dan jauhi narkoba. Apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan segera melaporkan kepada pimpinan kontraktor atau aparat terkait," pesannya.

Sementara itu, Bripka Oliver Situmorang menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga di Dusun Kandang Motor, Desa Persiapan Bis II, Kecamatan Torgamba,

Dalam arahannya, Bripka Oliver mengajak warga jangan sembarangan membakar pelepah sawit kering yang berakibat terjadinya kebakaran lahan.

"Apabila ada warga pendatang baru, wajib lapor kepada kepala dusun setempat," pintanya.

Di Ram H.M di Dusun Sumberjo I, Desa Persiapan Sumberjo, Bripka Oliver berpesan agar selalu waspada kepada masyarakat yang akan menjual buah sawit, karena bisa saja buah yang akan dijual adalah hasil dari kejahatan/curian.

"Jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal dan selalu waspada segala kemungkinan yang bisa menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitarnya," tegasnya.

Sementara itu, Aiptu Habnur Bhabinkamtibmas Desa Pinang berpedan kepada warga yang berdampingan lahannya untuk bersama sama selalu melakukan rutinitas patroli pada waktu yang dianggap rawan pencurian buah kelapa sawit.

"Bilamana warga menemukan pelaku pencurian, sebaiknya tidak bertindak dengan kekerasan, cukup diamankan dan serahkan kepada pihak yang berwajib," pesannya.

Aiptu M Siahaan turut menyampaikan agar semua eleman masyarakat memahami agar melaporkan bila ada kunjungan semua keluarga.

"Handai tolan atau siapapun yang berkunjung ke rumah kita, wajib hukumnya melaporkan diri pada kadus, RT, RW, jika lebih dari sehari menginap tinggal. Ini semua demi keamanan ketertiban di desa kita," ajaknya.

Secara terpisah, Kanit Binmas Polsek Torgamba Iptu Ahyat bertatap muka dengan petani cabe, Imran Nasution di Dusun Pinang Awan, Desa Aek Batu.

Selain bbersilaturahmi, Iptu Ahyat menyampaikan pesan Kamtibmas dan berharap warga menjaga areal pertanian agar tidak terjadi pencurian.

"Aktifkan siskamling," pintanya.

Sementara itu, Unit Sabhara Polsek Torgamba melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran Jalinsum Wilkum Polsek Torgamba Dusun Cikampak Pekan - Dusun Pinang Awan, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, yang dimulai dari Pajak Cikampak hingga Kantor Penyuluhan Pertanian Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Giat rutin ini dilaksanakan untuk mengantisipasi curat, curas dan curanmor. Personel juga memberikan pengarahan dan tatap muka dengan pedagang dan para pengunjung pasar untuk tetap waspada terhadap pelaku kejahatan khususnya terhadap pelaku curanmor.