ASAHAN-Bupati Asahan Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD dan Pelantikan HIMPAUDI Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (26/11/2019).

Selain Bupati Asahan, turut hadir juga Ketua PW Himpaudi Provinsi Sumut Aminah Yunus Rasyid, SPd, MM, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan beserta unsur Pengurus, Para Asisten, OPD dan para Camat.

Bupati Asahan Mengukuhkan Hj. Titiek Sugiharti Surya menjadi Bunda Paud Kabupaten Asahan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 339-Disdik-Tahun 2019 tentang Penetapan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Asahan.

Dalam Sambutannya, Bunda Paud Kabupaten Asahan yang baru dilantik menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang Undang nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya penbinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Upaya untuk membentuk Sumberdaya Manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang merupakan tanggung jawab kita bersama yaitu Pemerintah, Masyarakat dan orang tua. Oleh sebab itu merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk saling bahu membahu dalam membangun bangsa ini menuju masa depan yang unggul,” ungkap Titiek lebih lanjut.

Mengakhiri sambutannya Bunda Paud Kabupaten Asahan menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat memberikan dukungan kepada desa yang belum ada layanan PAUD agar pada masa yang akan datang dapat dituntaskan.

Pada Kesempatan yang sama Ketua PW Himpaudi Provinsi Sumut Aminah Yusuf Rasyid, SPd, MM juga Melantik Sutono, SPd menjadi Ketua Himpaudi Kabupaten Asahan sesuai dengan Keputusan Pengurus Wilayah Himpaudi Provinsi Sumut nomor: 26/KEP/PW-HIMPAUDI/III/2018 tentang Pelantikan Pengurus Daerah HIMPAUDI Kabupaten Asahan Masa Bakti 2017-2021.

Ketua PW Himpaudi Provinsi Sumut dalam sambutannya menyampaikan Kepada pengurus Himpaudi yang baru dilantik agar bisa bekerja sama dengan Bunda Paud Kabupaten Asahan dalam memajukan gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas khususnya di Kabupaten Asahan.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya BSc mengucapkan selamat dan sukses kepada Bunda Paud, pengurus Himpaudi Kabupaten Asahan yang baru di kukuhkan dan dilantik.

"Saya berharap momen ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi mari kita jadikan sebagai cemeti untuk kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Asahan," tuturnya.

“Saya berharap para Bunda Paud dapat meningkatkan peran sertanya dalam melaksanakan program bunda paud antara lain mendorong peningkatan jumlah dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan Paud melalui peningkatan kualifikasi dan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan berjenjang tingkat dasar sampai tingkat lanjut, ciptakan kerjasama dengan instasi Pemerintah maupun swasta dan Organisasi sosial lainnya dalam meningkatkan layanan Paud,” ujar H. Surya.

Lebih lanjut H. Surya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus berupaya memberikan perhatian terhadap kesejahteraan tenaga Pendidik khususnya ditingkat Paud sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang ada pungkasnya.*