LABUHANBATU - Organisasi pengiat anti narkotika Forum DPAC Gerakan Anti Narkoba (Granat) Kabupaten Labuhanbatu menggelar seminar bahaya narkoba, Selasa (26/11/2019) di Gedung Nasional Rantauprapat. Seminar ini bertujuan untuk mewujudkan pemuda Labuhanbatu tanpa narkoba. Untuk itu, Granat meminta seluruh pemuda untuk perang terhadap narkoba.

Adapun sasaran utamanya adalah kaum milenial seperti pemuda, pelajar dan mahasiswa, dari berbagai sekolah tingkat SMA dan universitas di Kabupaten Labuhanbatu, termasuk panti rehabilitasi narkoba Rumah Umi dan seluruh ormas pengiat anti narkoba.

Tampak hadir OKP, Ormas, pengurus Partai politik, Forkompida Kabupaten Labuhanbatu, Kasat Narkoba AKP Herry Cahyadi, Pasintel Kapten Infanteri P. Simanjuntak, Camat Rantau Utara, H. Turing Ritonga.

Ketua Panitia Teguh mengucapkan terimakasih kepada seluruh sponsor dan pendukung, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

"Labuhanbatu, Indonesia saat ini darurat narkoba, makanya kami dari Pengurus DPAC (Dewan Pimpinan Anak Cabang) Panai Hulu, Rantau Utara, Bilah Hilir, tergabung membentuk kegiatan seminar ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu dan harapan kedepan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah," harapnya.

Ketua Forum DPAC Muhammad Kohar Ritonga menerangkan, kegiatan ini diselenggarakan dan digagas dari 3 pengurus Cabang Granat kecamatan Bilah Hilir, Panai Hulu, dan Rantau Utara.

"Ini adalah gerakan awal kampanye sosialisasi anti narkoba, sehingga sasaran generasi milenial yaitu pemuda pelajar dan mahasiswa, dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba," ungkapnya.

"Mari ikrarkan terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat, mari kita sampaikan tentang bahaya dan dampak narkoba," pintanya.

"Harapan kami pemuda pelajar adalah agen duta anti narkoba dan seluruh Ormas Islam, OKP dan elemen masyarakat, mari kita bekerja sama membantu pihak kepolisian Polres Labuhanbatu, dalam menggunkap para pelaku, bandar narkoba, sehingga Kabupaten Labuhanbatu, bersih dari narkoba," ajaknya.

"Kegiatan ini sepenuhnya atas gagasan Bapak Ini Kasat Narkoba AKP I Kadek Herry cahyadi. Kunci Utama Labuhanbatu Bersih Narkoba, mari mulai dari diri kita sendiri," tutup Kohar.

Bupati Labuhanbatu, diwakilkan Camat Rantau Utara, H. Turing Ritonga, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Forum DPAC Granat Kabupaten Labuhanbatu.

"Masa depan maju dan sukses kunci utama adalah tanpa narkoba. Saya siap mendukung sepenuhnya kegiatan positif tentang P4GN. Harapan kita kegiatan ini berkesinambungan bahkan sampai ke tingkat perdesaan," terangnya.

Pada kesempatan itu, panitia juga memberikan hadiah kepada pelajar yang mengikuti perlombaan membuat video kreatif dan poster anti narkoba.

Pemenangnya diberikan piagam, sertifikat dan uang pembinaan, oleh panitia Forum Dewan Pimpinan Cabang Granat kabupaten Labuhanbatu.

Acara dilanjutkan dengan interaktif langsung bersama undangan sebagai pembicara dari kepolisian Polres Labuhanbatu, Akp I Kadek Herry cahyadi, Dari Medis dokter Ferdy, kejiwaan RSUD Rantauprapat, dan mantan pecandu narkotika, Bung Faisal dan moderator Dosen Hukum Universitas Labuhanbatu Ansari Siregar.