PALUTA-Ditanya sanksi jika ada pihak sekolah yang melakukan penggelembungan data jumlah siswa,Manager BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Palti via pesan singkat seluler Senin (25/11/2019) bungkam seribu bahasa.

Dugaan penggelembungan jumlah siswa ini muncul setelah GOSUMUT melakukan Konfirmasi disalah satu SDN di Kecamatan Portibi Kabupaten Paluta. saat itu oknum kepala sekolah berinisial DHS mengakui bahwa jumlah siswa yang dilaporkannya dalam pencarian dana BOS Tahun 2018 sebanyak 260 orang.

Sesuai data yang diperoleh GOSUMUT bahwa terdapat perbedaan antara laporan jumlah siswa oknum kepsek 260 siswa dengan jumlah yang ada didata pencarian dana BOS yang ada yang berjumlah 329 orang, terdapat selisih puluhan siswa.

Menanggapi hal itu Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Alwasliyah (PD-IPA) Kabupaten Paluta kepada media via seluler dihari yang sama mengatakan sikap bungkam oknum manager BOS Disdik Paluta itu adalah sikap yang tidak profesional, bahkan atas bungkam nya Manager BOS itu beliau menduga ada keterlambatan manager BOS dalam hal manipulasi data jumlah siswa dalam pencairan dana BOS disekolah itu.

"Kalau beliau bungkam itu menandakan beliau tidak profesional sebagai manager BOS,sebab beliau tidak lepas dari segala sesuatu tentang laporan pencairan dana BOS yang ada," ucap Ari "Sikap bungkam beliau itu membuat saya menduga ada keterlibatan Manager BOS dalam hal pencairan dana BOS yang ada diwilayah Kabupaten Paluta," tambah Ari mengakhiri.*