MEDAN-Gadis kecil usia 8 tahun bernama Mishel yang diserang anjing peliharaannya mulai membaik. Kondisi ini setelah Ia mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Hal ini dikatakan ibu korban, Yenti saat ditanyakan perkembangan kondisi kesehatan korban, Senin (25/11/2019). "Saat ini sudah mulai membaik. Bahkan sekarang (korban) sudah bisa berbicara," ungkapnya kepada wartawan.

Kendati begitu, Yenti mengaku, Mishel rencananya masih akan menjalani operasi kedua pada Selasa (26/11). Sebelumnya, ia menjelaskan, operasi pertama telah dilakukan, pada hari Minggu (24/11) kemarin.

"Mudah-mudahan, operasinya bisa berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu, Medical Service Manager RS Columbia Asia Medan, dr Sabar Petrus Sembiring SpPD kepada wartawan mengatakan, awalnya korban tiba di rumah sakit sekitar pukul 00.46 WIB. Saat itu, pihak rumah sakit langsung melakukan penanganan melalui dokter spesialis bedah plastik dan spesialis anak untuk kemudian melakukan operasi.

"Dalam tempo satu jam kita sudah mengambil tindakan perbaikan dan pembersihan luka untuk anak tersebut malam itu juga," terangnya.

Saat ini Sabar mengaku, kondisi korban jauh lebih baik dibanding saat pertama kali tiba di rumah sakit. Kendati begitu, timnya akan terus melakukan pemeriksaan intensif kepada korban. "Namun pasien memang masih demam dan masih mengeluhkan nyeri. Untuk luka sudah dilakukan pembersihan, kita berharap hasilnya akan jadi jauh lebih baik," ujarnya.

Sabar menyebutkan, meski mengalami banyak luka, ia optimis pasien bisa lekas disembuhkan, dan tidak perlu sampai harus melakukan pengobatan hingga ke luar negeri. "Kondisi pasien hari ini cukup stabil. Kita berharap akan lebih baik untuk," tandasnya.

Sedangkan ayah korban, Zefry Tan mengatakan, anjing Pitbull yang menggigit anaknya adalah titipan seorang temannya yang kini bekerja di Kamboja sejak 4,5 bulan yang lalu. Ia menceritakan, temannya itu menitipkan Pitbull bernama Pablo tersebut saat masih berusia 7 bulan.

Zefry melanjutkan, Pablo setiap harinya dikandangkan dari pukul 06.00 sampai pukul 20.00 WIB, kecuali saat dimandikan. Kebiasaannya, ketika dirinya memandikan Pablo, anaknya memang kerap ikut membantu untuk mengelapnya.

Karenanya Zefry pun tidak menyangka Pablo sampai menyerang anaknya. Tetapi saat kejadian, Zefry mengaku jika ia memang sedang tidak berada dirumah. "Kata istri saya, (Pablo) dikasih makan tela-tela, dan jajanan sekolah. Saat itu anjing itu baru siap mandi dan dijemur matahari," katanya.

Zefry menambahkan, sampai saat ini pemilik anjing Pitbull itu tidak mengetahui terjadinya serangan itu. Atas kejadian tersebut, Zefry meminta siapapun yang memelihara Pitbull agar dapat menjaganya dengan sebaik-baiknya. "Memelihara Pitbull memang bahaya, gimana cara kita mendidik, seperti menjaga anak sendiri," pungkasnya.*