ASAHAN-Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat Kabupaten Asahan yang berlangsung meriah, Senin (25/11/2019) di Gedung Serba Guna (GOR) Kisaran.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Asahan H. Surya BSc Bersama dengan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Ketua PGRI Kabupaten Asahan H. Malanton Lahadhe Hasibuan, SPd, MSi, Pengurus dan Anggota PGRI se Kabupaten Asahan dan dihadiri ribuan guru se Kabupaten Asahan.

Ketua Panitia Pelaksana Dian Rayanta, SPd, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa peringatan hari guru tahun ini mengambil tema “Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul”.

Lebih lanjut Dian mengatakan rangkaian kegiatan HUT ke 74 PGRI Tingkat Kabupaten Asahan diisi beberapa kegiatan antara lain lomba gerak jalan santai, pemberian penghargaan kepada Guru yang memasuki Purna Bakti, pemberian hadiah hepada Guru Literasi dan pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan Pelantikan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum PGRI yang di Ketuai oleh Sabam Nainggolan serta Pelantikan Syamsudin, SPd sebagai Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia Kabupaten Asahan.

Ketua PGRI Kabupaten Asahan H. Malanton Lahadhe Hasibuan, SPd, MSi dalam kata sambutannya mengatakan bahwa ia memiliki kebanggaan yang besar di kegiatan tersebut, sebab kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Asahan yang mana Bupati Asahan menggunakan seragam kebanggaan PGRI.

"Kita juga harus bangga sebagai Guru karena saat ini Bupati dan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan adalah juga merupakan seorang guru," ucap Malanton lebih lanjut, yang disambut para guru dengan tepuk tangan meriah.

"Dengan demikian kita para guru di Kabupaten Asahan menitipkan harapan kepada Bapak Bupati Untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru di Kabupaten ini pada masa yang akan datang," harapnya.

Beliau juga mengatakan bahwa Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Asahan akan terus mendukung Visi Misi Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri dibawah Kepemimpinan Bupati H. Surya, BSc.

Sementara itu Bupati Asahan sebelum menyampaikan kata sambutan terlebih dahulu memberikan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT ke 74 PGRI Kabupaten Asahan antara lain juara lomba artikel Drs. Lasim Sinaga, juara Guru Literat (Guli) kategori penulis terbaik Rusman, SE, juara Guru Literat (GuLI) kategori pembaca terbaik Agustina, S.Sos.

“Bahwa Peringatan Hari Guru yang dilaksanakan setiap tanggal 25 November selalu dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Asahan yang pesertanya terbatas, tetapi sesuai arahan saya tahun ini harus dilaksanakan di luar Kantor Bupati agar dapat di hadiri seluruh Guru dan Pengurus PGRI se Kabupaten Asahan dan Alhamdulillah tahun ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna dan dihadiri sekitar 2500 orang sesuai laporan Ketua Panitia,” ucap H. Surya mengawali arahannya.

H. Surya juga menyampaikan akan memberikan perhatian khusus pada kesejahteraan guru di Kabupaten Asahan tentunya kalau aturan memungkinkannya seperti harapan yang disampaikan Ketua PGRI kabupaten Asahan.*