PALUTA-Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) gelar acara live streaming dengan tema "Tanggap, Tangkas, dan Tangguh Menghadapi Bencana di Kabupaten Padang Lawas Utara" baru-baru ini.

Kegiatan Live Streaming itu menghadirkan narasumber Kabid Kedaruratan dan Logistik Nuar Siregar, Kasubbid Logistik Azhar Harahap beserta Satgas Penanggulangan Bencana Heri Suhenra, Deni Nurjaman, Alyusri Siregar yang dipandu oleh Kabid Komunikasi Publik Julpikar Harahap MM Plt.Kasi Pengelolaan Data Center Fitri Yuliza di Kantor Diskominfo Paluta.

"Indonesia bukan hanya negeri yang kaya raya. Negeri ini juga miliki tanah yang subur hingga apapun yang ditanam akan tumbuh,seperti lagu yang populer dengan judul Tongkat dan kayu jadi tanaman," ucap salah satu narasumber dalam acara itu "Tapi,dibalik semua itu,negeri ini juga menyimpan potensi dan ancaman bencana yang bisa muncul setiap saat,Gunung, ngarai, sungai dan danau selain menyimpan kekayaan juga bisa menjadi sumber terjadinya bencana yang mengancam jiwa manusia di sekitarnya,masalah ini yang harus dipahami sekaligus disikapi oleh seluruh unsur yang ada." ucap Azhar Harahap.

"Karena itu,prioritas yang perlu dilakukan adalah mendesak pembangunan sistem deteksi dan peringatan dini (early warning system) dan manajemen informasi daerah seperti di Kabupaten Padang Lawas Utara,membangun sistem termasuk di dalamnya teknologi dan informasi yang digunakan sekaligus pengembangan sumber daya manusia yang dibangun dari kesadaran terhadap lingkungan geografisnya, dan kemampuan untuk bertindak cepat, tanggap, tangkas, dan tangguh ketika bencana terjadi," tambah Azhar.

"Mari bersama kita jaga alam, alam pun akan menjaga kita, timbulkan rasa kesadaran kita bahwa bencana itu adalah tugas kita bersama, bencana seperti jelangkung, datang tak diundang pulang tak diantar," ucap Azhar Harahap mengakhiri.*