ASAHAN-Saat ini Kabupaten Asahan sedang menggelar Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di depan Terminal Madya Kota Kisaran sejak 21 November hingga 6 Desember 2019.

Berbagai bentuk tampilan dan pertunjukkan berbagai etnis baik itu rumah adat, joglo, seni, budaya, khas makanan dan sebagainya yang dipamerkan dalam ajang PSBD yaitu 14 Suku Daerah, salah satunya Suku Jawa.

Secara bergiliran masing-masing etnis menunjukkan dan memamerkan seni budayanya sehingga memancing perhatian masyarakat Kabupaten Asahan untuk menyaksikannya.

Dihari ketiga pada hari Minggu (24/11/2019), giliran Suku Jawa lah yang beraksi dipanggung dan halaman PSBD, sebelumnya, moment itu dimanfaatkan berbagai rangkaian kegiatan. Salah satunya pelantikan DPD PKB Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera) Kabupaten Asahan.

Pujakesuma Kabupaten Asahan yang dipimpin oleh Rianto, SH, MAP itu juga sangat mengundang perhatian masyarakat terkhusus warga Jawa dengan berbondong-bondong menghadiri kegiatan.

Turut hadir Bupati Asahan H. Surya BSc beserta jajaran Pemkab Asahan, Kapolres Asahan AKBP. Faisal F. Napitupulu, SIK, MH yang saat ini Kapolres Asahan diberi gelar sebagai Mas Parigesit yang dalam artian "orang terganteng" Forkompinda Asahan, Presiden Pujakesuma, Ketua DPW Pujakesuma Sumut beserta jajaran, beberapa Ketua dan perwakilan DPD Pujakesuma Kabupaten/Kota dan banyak lagi lainnya.

Setelah dilantik dan pemberian bendera petaka, Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto, SH, MAP mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

Ucapan terima kasih tersebut diucapkan nya terutama kepada Bupati Asahan dan Kapolres Asahan dan pengurus pusat Pujakesuma.

Kemudian, Untuk mengawali sambutannya Bupati Asahan H. Surya BSc meminta izin bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan ia mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DPD dan DPC PKB Pujakesuma se Kabupaten Asahan periode 2019-2024.

Menurutnya, PSBD tahun 2019 merupakan sarana yang diharapkan mampu mentransformasi berbagai nilai di dalamnya untuk kehidupan yang lebih baik. dan tentunya pagelaran ini sebagai upaya dalam melestarikan adat dan budaya sehingga menggugah semangat seluruh masyarakat untuk mencintai budayanya sendiri.

"Melalui kesempatan ini saya menyampaikan bahwa acara pelantikan bukanlah merupakan akhir dari konsolidasi, akan tetapi justru sebagai langkah awal dari konsolidasi itu sendiri," ujarnya.

Sambungnya, acara pelantikan yang cukup meriah ini hanya akan bermakna apabila para pengurus dan anggota nya dapat menjalankan roda organisasi dengan baik dan memiliki visi, misi serta action plan yang jelas, serta juga dapat diimplementasikan secara konkrit di tengah-tengah anggota pada khususnya dan masyarakat Asahan pada umumnya.

"Melalui acara ini saya berharap kepada seluruh pengurus DPD dan DPC PKB pujakesuma Kabupaten Asahan yang baru saja dilantik dapat menjaga soliditas dalam menjalankan roda organisasi sehingga dengan dilantiknya kepengurusan untuk 5 tahun kedepan Pujakesuma Kabupaten Asahan dapat terus berperan serta dan berpartisipasi aktif dalam mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten Asahan guna mewujudkan Asahan yang religius, Sehat, cerdas dan mandiri," tutupnya.

Kegiatan dirangkai dengan pemotongan tumpeng, pertunjukan kesenian Jawa yakni tari Kuda Lumping, Reog dan Ganongan.

Kemudian kegiatan juga akan berlanjut hingga malam hari dan masih banyak lagi pertunjukan yang akan digelar oleh etnis Jawa.*