SURABAYA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, turut prihatin atas musibah kebakaran yang melanda tiga RT (Rukun Tetangga) di Desa Sungaibali, Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan, Minggu dini hari (24/11/2019) tadi.

Kebakaran yang baru dapat dilokalisir pukul 03.00 WITA itu, melalap sedikitnya 500-an rumah dan mengakibatkan sekitar 1.800 jiwa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

“Saya mendukung upaya para senator dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan untuk segera mengambil langkah taktis dan cepat untuk memberi bantuan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” kata La Nyalla.

Untuk diketahui, kobaran api mulai melalap rumah warga pada Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 21.30 Wita. Api cepat membesar karena bangunan rumah warga mayoritas berbahan material kayu. Sehingga si jago merah dengan mudah merembet lebih cepat.

Kondisi diperparah dengan peralatan pemadaman yang minin, hanya ada satu unit milik salah satu perusahaan setempat. Selain itu sumber air juga sulit didapatkan di lokasi terdekat.

Alat berat jenis exavator milik salah satu perusahaan tambang batubara setempat akhirnya diturunkan untuk membongkar beberapa bangunan pasar agar laju api tidak merajalela.***