TANAH KARO-Gembira Ginting resmi memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (Koswari) periode 2019-2024 usai dilantik oleh Ketua DPD Koswari Sumatera Utara Drs. Ir. Husni Husin MS di Hotel Green Garden Berastagi kabupaten Karo, Jumat (22/11/19).

Pelantikan dihadiri oleh Ketua Umum DPP Koswari Prof. Drs. Dj. Siahaan SH, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Wakapolres Karo Hasian Panggabean SH MH, Danyonif 125/Si'mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi, perwakilan Kajari Karo, tokoh masyarakat Karo sekaligus penasehat Koswari Karo Drs. Joy Harlim Sinuhaji dan lainnya.

Pelantikan Ketua DPC Koswari Karo Gembira Ginting beserta seluruh jajaran ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketua DPD Koswari Sumut Drs. Ir. Husni Husin MS.

Dalam arahannya, Husni menekankan agar wartawan di Karo khususnya yang tergabung dalam wadah Koswari, tetap menjadi wartawan yang profesional. Menurutnya, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, wartawan wajib berpegang pada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Wartawan memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Wartawan dapat melakukan kritik namun harus bersifat konstruktif. Disamping itu, wartawan dan pemerintah merupakan mitra. Silahkan mengkritik, namun berikan solusi. Kritik yang membangun akan meningkatkan kemajuan daerah itu," jelas Husni.

Ia juga menekankan, wartawan wajib memahami dan mematuhi 11 kode etik jurnalistik, agar bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya yakni mencari dan menyajikan informasi. "Kode etik ini sebagai landasan moral. "Wartawan wajib tahu kode etik. Salah satunya berisi, wartawan Indonesia harus bersikap Independen," tegasnya.

Ketua DPC Koswari Karo Gembira Ginting didampingi Sekretaris Pelita Monald Ginting S.Pd dan Bendahara Drs. Tambar Sembiring SH menyampaikan, Koswari sebagai kumpulan wartawan dari berbagai media massa, hadir di Karo guna bersinergi serta menjadi kontrol sosial masyarakat dan pemerintah.

"Jangan hanya mengandalkan kartu pers untuk menakut-nakuti pejabat dan masyarakat. Sudah tidak jamannya, karena kita adalah mitra eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masyarakat. Sebagai pilar keempat demokrasi, kedepan Koswari dituntut untuk lebih profesional dan berimbang," tegas Gembira.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus DPC Koswari Karo. Ia meminta agar pengurus agar melaksanakan program kerja dengan baik serta penuh tanggung jawab.

"Tingkatkan kapasitas kelembagaan organisasi serta profesionalisme. Wartawan wajib melaksanakan fungsi hak dan kewajiban serta perannya sebagai jurnalis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai jurnalis, tentu ada hak dan kewajiban yang dilaksanakan dalam menjalankan tugas," pungkas Cory.

Sementara, Penasehat DPC Koswari Karo Drs. Joy Harlim Sinuhaji alias Nonink menekankan agar wartawan terus meningkatkan profesionalisme-nya. Disamping itu, kedepan wartawan dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman saat ini yang serba digital.

"Wartawan merupakan organisasi profesi. Tidak gampang menjadi seorang wartawan dan penulis. Saya selalu mengamati tulisan-tulisan para wartawan melalui media sosial. Masih banyak saya lihat tulisan yang amburadul, belum memahami ejaan yang disempurnakan, penempatan tanda baca, titik koma dan sebagainya," kecam Joy.

Oleh karena itu, ia kembali menekankan agar wartawan terus meningkatkan kompetensi dan kualitasnya. "Di jaman yang serba digital ini, kedepannya, wartawan yang tidak berkualitas akan terus tertinggal. Mari berpacu untuk mengejar ketertinggalan kita. Sebentar lagi, wartawan tidak lagi digaji. Pendapatan media sudah melalui Google AdSense yang dihitung dengan per klik berita. Pendapatan wartawan dibagi dari hasil per klik berita tersebut," jelasnya.*