TOBASA-Festival Lomba Solu Tradisional digelar di Sunset Beach Tambunan Lumbangaol Kecamatan Balige Sabtu, (23/11/2019) oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Sumut yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Tobasa.

Digelarnya festival ini karena solu (sampan kecil) adalah salah satu kearifan Budaya lokal yang merupakan sarana transportari air di perairan kawasan Danau Toba yang digunakan oleh masyarakat Batak sepinggiran kawasan Danau Toba, yang kesehariannya digunakan oleh warga sebagai kendaraan transportasi para nelayan untuk menangkap ikan.

Festival Lomba Solu Tradisonal di ikuti oleh 100 peserta lomba solu dengan kategori Kelas yang di perlombakan di kelas si sada sada (Perorangan) Putra dan Putri dan Kelas si Dua - Dua (Ganda) Putra dan Putri.kegiatan lomba dibuka dan resmikan oleh oleh Sekda Kab.Tobasa Drs, Audi Murphy Sitorus, SH, M.Si bersama dengan Kadis Bud Par Prov.Sumut. DR. Ria Telambunua.

Sekda dalam sambutaannya menyampaikan, diharapkan kedepan kerjasama SKPD terkait dari Kab.Tobasa supaya makin terjalin dengan Dinas Budpar Prov.Sumut demi peningkatan pagelaran kegiatan Festival ini di tahun yang akan datang untuk merangsang minat para wisatawan hadir di kawasan wisata Danau Toba Ka, Toba Samosir.

Kadis Budpar Prov.Sumut DR. Ria Telambanua menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda Tahunan Dinas Bud Par Prov Sumut dan diharapkan untuk kegiatan tahun depan akan semakin lebih besar lebih semarak lagi pelaksanaannya dan para peserta akan semakin banyak.

"Pelaksanaan kegiatan Festival Lomba Solu Tradisional ini merupakan program pelestarian kearifan budaya lokal suku Batak dikawasan Danau Toba sebagai wujud dan dukungan untuk pengembangan periwisata Destinasi Wisata Danau Toba. Dengan tujuan kegiatan dilaksankan untuk merangsang minat para wisatawan dalam dan luar hadir ke Wisata Danau Toba untuk berdarma wisata serta mendukung progeam pelaksanaan pengembangan dan pembangunan kawasan Destinasi Pariwisata Danau Toba yang dilaksanakan oleh BPODT," tegasnya.

Hadir dalam pembukaan Asisten 1, Harapan Napitupulu, Asisten 2 Johnpiter Silalahi sebagai Plt Kadis Budpar Tobasa, Asisten 3 Parulian Siregar, Kadis PMPD dan PPA Hendri Silalhi, SE, M.Si, Kadis Dukcatpil Drs. Bonar Butarbutar, Kadis Perijinan Sakkap Pasaribu, Camat Balige Pantun Pardede, Camat Porsea Robert Manurung,SH, Camat Silaen Sedi Lumbanraja, Camat Laguboti Nelly Lumbantobing, Camat Nassau Timbul Sipahutar, Camat Uluan Hendri Butarbutar, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan, SH.

Untuk meriahkan festival oleh Dinas Pendidikan Kab.Tobasa menggelar Pertandingan olah raga tradsional Margala. Lomba Margala digelar untuk mendukung dan memeriahkan pelaksanaan Festival Lomba Solu Tradisional di pantai Danau Toba Sunset Beach Lumbangaol.p desa Tambunan Kec. Balige.

Pertandingan olah raga tradsisional margala di ikuti para siswa/siswa SMP Negeri dan Swasta dari 2 Kecamatan yakni Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan dengan kategori lomba 2 Tim (Tim Putra dan Tim Putri) dengan peserta Lomba dari 8 sekolah tingkat SMP dari dua Kecamatan.*