MEDAN-Menjalankan usaha tentunya memiliki pasang surut. Kadang naik kadang turun. Jika menemukan masalah harus segera mencari solusi bukan langsung mengganti usaha. Seperti yang dikatakan Entrepreneur Mimi Noerland yang sudah lama bergerak dalam usaha sirup markisa khas Medan dengan brand Noerlen Medan.

"Tidak gampang menyerah, kerja keras, yakin, fokus dan konsisten. Paling penting jika ada masalah dicari solusinya bukan langsung mengganti usaha," beber perempuan yang disapa Mimi.

Wanita yang mengaku merintis usahanya pada tahun 2007 lalu itu juga mengatakan seperti dirinya jika menemui kendala dalam hal bahan baku, tidak lantas merubah usaha namun berinovasi dengan membuat usaha turunan.

"Misalnya seperti saya yang sering menemukan kendala bahan baku buah yang sudah semakin sedikit, jadi saya merubah konsep usaha yang tidak fokus menjual sirup saja yang tentunya kalau sirup membutuhkannya bahan baku markisa banyak, nah saya membuat produk turunannya supaya bahan baku yang sedikit itu bisa dipakai untuk membuat banyak hasil dari beberapa varian produk," ungkapnya.

Kemudian, merubah konsep namun masih bisnis yang sama juga tips yang bagus dilakukan. "lalu konsep usaha juga berubah dari hanya jual sirup markisa tok menjadi wisata untuk turis yang kita bisa jual produk lain tidak hanya markisa yang sudah mulai langka bahan baku," terangnya.

Ditegaskannya ketika mendapat kendala dalam hal apapun solusi yang dicari, dan si pemilik usaha juga harus membaca pasar, sehingga usaha terus mengikuti perkembangan.

"Sekarang misalnya Noerlen lagi sepi tamu turis pariwisata sepi karena beberapa hal salah satunya harga tiket mahal, lalu untuk menjaga cash flow saya fokus ke field trip anak sekolah jadi memang harus jeli melihat peluang dan mensiasati keadaan," beber wanita yang merupakan generasi kedua yang sebelumnya usaha ini dirintis oleh almarhumah ibunya.

Tips lainnya adalah jangan gampang putus asa, sebab usaha tidak segampang membalikan telapak tangan jadi harus sabar dan yakin, fokus dan konsisten.

"Sebaiknya membuat usaha yang betul betul diminati jadi mencintai pekerjaan sepenuh hati lebih baik daripada sekedar membuat usaha mengikuti trend," tandas pemilik gerai sirup markisa noerlen yang terletak di jalan Sei Tuan Medan itu.*