LABUHANBATU - Sebanyak 30 tim sepakbola dari pelajar SLTP memeriahkan turnamen Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019. Secara simbolis, Bupati Labuhanbatu resmi membuka turnamen tersebut ditandai dengan penyerahan piala bergilir kepada Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata H.Sahrijal Hasibuan, Jumat (22/11/2019) di Lapangan Stadion Binaraga Rantauprapat.

Hadir pula Kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat, Dandim 0209/LB di wakili Danki 126 Kala Cakti, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu di wakili Poltak Marsada Rambe, Ketua Pengadilan Negeri Labuhanbatu, Kajari Rantau Prapat, Sekda Ahmad Muflih, Ketua Koni Propinsi Jon Ismadi Lubis, Ketua Koni Labuhanbatu Ferry Wijaya (Alung) para Kepala OPD dan Camat Rantau Utara Turing Ritonga.

Pada sambutannya, Andi Suhaimi mengatakan, ini merupakan langkah awal yang dilakukan Pemkab guna menghasilkan atlet yang nantinya akan mengharumkan nama Labuhanbatu di dunia sepakbola.

"Menciptakan atlet sepakbola yang profesional tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan harus melalui latihan-latihan mendasar sejak dini," ungkapnya.

Untuk itu, Andi meminta untuk terus meningkatkan prestasi dan jaga sportifitas antar tim.

"Saya juga berharap kepada wasit agar menjalankan tugas dengan jujur dan baik, nantinya saya tidak mau mendengar keluhan-keluhan tentang pertandingan ini, saya akan pantau terus sampai final," tegasnya.

Dalam turnamen yang memperebutkan tropi Bupati Labuhanbatu, Andi juga menjanjikan akan memberikan bonus kepada pemain terbaik senilai Rp2 juta.

"Tim im terbaik saya beri Rp5 juta dari saya. Bonus tim terbaik harus bersih dari kartu kuning dan kartu merah," terang Andi.

Andi juga meyakini, atlet yang bertanding pada turnamen ini nantinya pasti akan dapat membanggakan Kabupaten Labuhanbatu di dunia olahraga pada tingkat kabupaten maupun nasional.

Sementara itu, Ketua KONI Labuhanbatu, Ferry Wijaya (Alung), mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta turnamen LPI.

"Mari bekerjasama dan jaga sportifitas, berikan yang terbaik untuk Pemkab Labuhanbatu, untuk menuju sejahtera 2020 semakin hebat dan bermartabat 2025," ujarnya.

Selanjutnya, Plt Kadispora labuhanbatu H.Sahrijal Hasibuan dan Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Ulfian Hamdi, yang merupakan ketua panitia menjelaskan, turnamen ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para atlet sepakbola di kalangan pelajar, dan memberikan penghargaan kepada para kepala sekolah yang dinilai cukup baik pembinaannya kepada olahraga sepakbola.

"Turnamen ini dilaksnakan guna meningkatkan minat dan perhatian masyarakat terhadap olahraga di Labuhanbatu. Selanjutnya, untuk memimpin jalanya turnamen, kami memberikan kepercayaan kepada Para wasit yang memiliki sertifikat wasit secara Nasional, kami juga mengundang para pelatih dan penggiat sepakbola senior di Kabupaten Labuhanbatu," jelas Ulfian.

Dalam acara pembukaan turnamen Liga Pendidikan Indonesia ini dihiasi dengan pertandingan eksibisi antara kesebelasan Pemkab Labuhanbatu melawan kesebelasan TNI/Polri. Di mana dalam pertandingan tersebut turut bermain dengan kustum orange nomor punggung 10 Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, Ahmad Mufli, Kepala Cabang Bank Sumut Sujendi.

Bahkan tidak ketinggalan turut ambil bagian dalam pertandingan eksibisi tersebut yang berkostum biru biru, yakni Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, Danki 126 Kala Cakti, Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Jama Kita Purba.

Pertandingan exebisi ini dimenangkan tim kesebelasan TNI/Polri dengan melibas kesebelasan Pemkab Labuhanbatu dengan skor 2-0. Gol kemenangan TNI/Polri dicetak Kapten Nazaruddin pada menit ke 21 dan gol kedua dicetak AKP Jama Kita Purba pada menit ke 30 babak pertama melalui serangan balik. Di mana, Kasat mendapat umpan datar dari sayap kanan yang berdiri bebas di depan gawang dan mampu menaklukan penjaga gawang Pemkab yang dikawal Sahrijal Hasibuan.

Skor akhir pertandingan sampai babak kedua berakhir 2-0 untuk ke unggulan TNI/Polri.

Selanjutnya, pembukaan pertandingan Liga Pendidikan Indonesia antara kesebelasan MTS Nur Ibrahimy melawan MTS Uswahtun Hasanah yang dimenangi kesebelasan MTS Nur Ibrahimy dengan skor 4-0. Dua gol MTS Nur Ibrahimy dicetak Andika Maubama di menit ke 15, ke 28 dan menit 45. Sedangkan gol keempat dicetak Aldi di menit ke 55. Hingga berakhirnya babak kedua, skor 4-0 masih bertahan dan pertandingan dimenangkan MTS Nur Ibrahimy.