Bupati Karo Terkelin Brahmana SH membuka kompetisi Pra-PON Catur Putri, Play Off Putra dan Senior U-60 di Hotel Mikie Holiday Berastagi, Rabu (20/11/19). Kompetisi ini akan diselenggarakan selama sepekan dimulai tanggal 20-27 November 2019. Hadir dalam event ini diantaranya, Ketua Umum PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) GM Utut Adianto yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, Wakil Bupati Simalungun Ir. H. Amran Sinaga M.Si, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu SIK, perwakilan Kajari Karo, Ketua KONI Karo Kelion Depari, Ketua Percasi Karo Osaka Hendra Ginting dan para peserta pertandingan catur.

Terkelin menerangkan bahwa catur merupakan permainan strategi yang dimainkan di sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang dan gelap dan dimainkan oleh dua orang.

“Olahraga catur ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik kaum millennial maupun kategori usia tua. Bisa kita lihat hingga saat ini, masih banyak yang tertarik untuk berpikir dalam berkompetisi catur,” tutur Terkelin.

Dalam kesempatan ini, Terkelin menyambut kehadiran peserta dari luar daerah bahkan seluruh Indonesia di Karo. Secara khusus, Terkelin menyampaikan ucapan selamat datang kepada GM Utut Adianto yang turut hadir memberikan support dan edukasi bagi para peserta catur.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tahap awal bagi atlet catur seluruh Indonesia untuk maju bertanding ke tahap selanjutnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan di Papua tahun 2020 mendatang.

“Kita ketahui bersama bahwa olahraga ini merupakan kompetisi yang mempunyai tujuan serta visi-misi untuk menjunjung tinggi sportivitas di lapangan. Disamping itu, sebagai ajang silaturahmi, sehingga harmonisasi, keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, kompetisi ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemkab dan masyarakat Karo. “Kepada PB Percasi dan seluruh tim, semoga selama berada di Karo dapat menikmati alam yang indah dan udara yang sejuk. Selamat berkompetisi, salam olahraga,” tutupnya.*