PALAS-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas(Palas) melalui Dinas Petanian menggelar Sosialisasi Program Pengawalan dan Evaluasi Peremajaan Kelapa Sawit, di Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, Rabu (20/11/2019).

Acara Sosialisasi dibuka Bupati Padang Lawas diwakili Kadis Pertanian Ir H. Abdullah Nasution.

Kadistan Palas Ir H.Abdullah Nasution mengatakan tahun 2018 kabupaten Palas memiliki Perkebunan Kelapa Sawit kurang lebih 121.636,13 Ha.yang terdiri dari perkebunan swasta Nasional dan BUMN dengan luas kurang lebih 87.711,13 Ha.

"Untuk perkebunan kelapa sawit rakyat seluas kurang lebih 33.925 Ha. Sehingga penting agar petani kelapa sawit diberdayakan kemampuannya dan dibantu sarana dan prasarana sehingga dapat meningkatkan produksi produktivitas kebun yang lebih baik," katanya.

Kata Abdullah, perkebunan kelapa sawit di Palas merupakan tulang punggung ekonomi rakyat yang terus di topang dengan dukungan pemerintah.

Pemkab Palas mengapresiasi adanya program Sosialisasi peremajaan sawit rakyat (PSR) yang sumber dananya dari badan pengelola dana perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Harapan pemerintah kedepannya, kata dia , perkebunan yang ada didaerah ini menjadi contoh terbaik model perkebunan," sehingga menjadi modal bagi pemerintah untuk keseluruhan menuju kemandirian, kedaulatan dan kesejahteraan petani kelapa sawit,ucap Abdullah.

Narasumber pemateri kegiatan sosialisasi dari Dinas Pertanian Provinsi Sumut ,Lis Andayani Siregar dan Manoppo. Hadir dikegiatan itu , Pimpinan OPD , Camat se Palas , Forkopimda ,Pimpinan Perusahaan , Kelompok Tani Perkebunan.*