PALAS - Prosesi pernikahan dengan menggunakan upacara kesatuan bukan hanya dilakukan oleh kepolisian dan militer saja, namun upacara tersebut juga dilakukan oleh Korps Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
Hal ini terlihat saat prosesi pernikahan anak ketiga Bupati Padanglawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO), dr Nur Hasanah Harahap dengan Rizki Rantonika Lubis S. STP di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jalan Ki. Hajar Dewantara, Kecamatan Barumun, Palas, Minggu (17/11/2019).

Diketahui, Rizki Rantonika Lubis, S.STP adalah Alumni IPDN, sehingga pada puncak resepsi pernikahannya dilakukan upacara kesatuan.

Pantauan di resepsi, upacara kesatuan dipimpin salah seorang Alumni IPDN, yang juga menjabat sebagai Bupati Padang Lawas Utara, H Muhammad Andar Amin yang diikuti para Alumni yang hadir serta mahasiswa IPDN.

Dalam prosesi tersebut membentuk formasi Bintang Asta Brata. Prosesi ini merupakan tradisi Korps Praja IPDN dalam mengantar sekaligus memberikan penghormatan kepada Purna Praja yang akan melangkah memasuki lembaran kehidupan rumah tangga.

Di prosesi ini, Bupati Paluta bertindak sebagai pemimpin upacara dan juga memasangkan cincin kepada Rizki Rantonika Lubis, S.STP.

Begitu juga dengan istri, dilakukan penyerahan baju Dharma Wanita tanda bergabungnya mempelai wanita yaitu dr.Nur Hasanah Harahap menjadi istri pegawai negeri. (ISN)