MAKASSAR - Wiljan Pluim dipastikan absen membela PSM Makassar hingga Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019 berakhir. Cedera engkel yang dialaminya parah sehingga Pluim harus istirahat minimal dua bulan untuk pemulihan.

Tim pelatih dan manajemen memutuskan untuk mengistirahatkan Pluim dan mengizinkannya kembali ke Belanda untuk menjalani terapi pemulihan. Berdasarkan restu yang diberikan staf medis PSM, CEO Munafri Arifuddin, dan pelatih Darije Kalezic.

"Pluim selalu tampil dengan engkelnya yang bermasalah. Saya sudah terima laporan tim medis yang memutuskan Pluim harus istirahat sampai akhir kompetisi," kata pelatih PSM Makassar Darije Kalezic.

Menurut dia, tenaga Pluim sangat dibutuhkan musim depan. Sebab PSM Makassar akan kembali berjibaku pada tiga ajang yakni Piala Indonesia, Piala AFC dan Liga 1.

"Kami berikan izin setelah mendapatkan hasil diagnosa medis atas cederanya. Juga mempertimbangkan rencana untuk melihatnya pulih sepenuhya. Kami menyiapkan dia untuk digunakan di awal musim depan," ungkap Kalezic.

Pluim mendapat cedera engkel pada Juli 2019 dan kembali kambuh saat melawan Kalteng Putra pada 6 November lalu.

"Semua orang tahu, musim ini Puim kesulitan dan selalu bermasalah dengan cederanya. Dia juga tidak terlalu fit di awal musim ini. Akibatnya, dia tidak bisa mencapai level konsistensinya seperti misim sebelumnya," pungkas Kalezic. ***