JAKARTA - M Althaf Dhaifullah (Papua Barat) sukses menghetikan bintang baru  tim Piala Davis Indonesia, Ari Fahresi (Jawa Timur), lewat dua set langsung 6-2, 7-5 guna melenggang ke babak kedua Kejuaraan Nasional Tenis BNI Terbuka 2019 berhadiah total uang Rp 250 juta di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Senin (18/11/2019). "Saya tahu Ari pemain muda yang punya bakat bagus. Jadi sejak awal saya langsung menekannya supaya permainan tak berkembang. Dan terbukti ketika dia mampu berkembang, permainan set kedua berlangsung lebih ketat," kata Althaf usai tanding.

Sebaliknya, Ari mengakui jika Althaf punya permainan dengan pukulan-pukulan keras dan terarah. "Saya tak punya banyak kesempatan untuk menekan. Ini karena pukulan dia memang terarah dan tajam. Meski di set kedua saya berusaha mengerahkan seluruh kemampuan, tapi saya harus akui belum cukup untuk dapat mengalahkannya," tambah Ari.

Christiphen dan Aldila Melenggang

Sementara dua petenis yang dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2019 Filipina, Christopher Rungkat (Jawa Timur) dan Aldila Sutjiadi (Jawa Timur), melenggang ke babak kedua kejuaraan BNI Terbuka 2019.

Christopher yang tampil dengan memanfaatkan wild card (fasilitas khusus-red) dari PB Pelti, melenggang ke babak kedua sesudah menghentikan perlawanan Wisnu Adi Nugroho (Jawa Tengah) lewat dua set langsung 6-4, 6-2.

"Pertandingan pembuka selalu sulit karena harus adaptasi. Dan itu yang saya alami pada set pertama. Tapi sesudah ketemu ritme, segala sesuatunya akan dapat kita atasasi sesuai keinginan," jelas Christopher.

Christopher di babak kedua akan bertemu Claudio Renardi (DKI Jakarta). Claudio lolos sesudah menang 6-3, 6-3 atas Owissa Makuta Annas (Bangka Belitung).

Sedangkan Aldila yang menempati unggulan utama tunggal putri juga melangkah mulus, sesudah di babak pertama meredam perlawanan Elma Malinda (Kalimantan Selatan) 6-1, 6-0.

Kemenangan juga diraih anggota tim SEA Games 2019 Filipina lainnya, Priska Madelyn Nugroho (Jawa Timur), yang menang 6-1, 6-1 atas Nisri Dwi Fajarrini (Jawa Timur). ***