JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, mengungkap masih adanya masyarakat yang salah dalam memahami Pancasila. Hal ini Ia sampaikan pada acara Rapat Evaluasi Penerangan Agama Islam Tingkat Nasional, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

"Kita dihadapkan pada kondisi bangsa yang menghadapi tantangan serius. Ada survei, masih ada 4 persen penduduk Indonesia mengatakan Pancasila bertentangan dengan syariat Islam. Ada yang salah, ini masih ada yang salah memahami," jelas Ace sambil meminta agar Direktorat Penerangan Agama Islam harus menghadapi dan mengidentifikasi kelompok-kelompok yang menganggap Pancasila bertentangan dengan Islam.

Menurut Ace yang juga beragama Islam ini, "nilai luhur agama kita kompatibel dengan Pancasila. Dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat,".

Untuk itu, putra Banten ini mendorong agar Kementerian Agama RI, mengoptimasi fungsi keagamaannya melalui jalur yang tepat sesuai kultur pembelajaran agama yang aktual di masyarakat saat ini. Banyak masyarakat, kata Ace, mempelajari agamanya melalui media digital.

"Kemenag harus menggunakan instrumen digital, masuk menjalankan fungsi keagamaan itu," jelas Ace dalam rilisnya.***