LABUHANBATU - Untuk menyemarakkan World Diabetes Day (Hari Diabetes Sedunia), Tropicana Slim kembali mengajak keluarga Indonesia untuk mencegah dan lawan diabetes melalui kampanye #Hands4Diabetes.

Dalam kampanye ini, Tropicana Slim menggelar senam sehat keluarga dengan puluhan doorprize dan cek kesehatan gratis kepada warga yang dilaksanakan di Tugu Simpang Enam, Rantauprapat, Minggu (17/11/2019).

Marketing Promotion Coordinator Area, Rita Situmorang menerangkan, memasuki tahun keenam, kampanye #Hands4Diabetes mengangkat tema keluarga dan diabetes, untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa setiap anggota keluarga memiliki peran besar untuk pencegahan diabetes, sekaligus mendukung anggota keluarga yang telah menyandang diabetes.

"Sebagai brand yang selama lebih dari 40 tahun konsisten menginspirasi keluarga Indonesia hidup sehat, Tropicana Slim konsisten mengajak keluarga Indonesia cegah diabetes sejak dini melalui cek gula darah secara berkala, aktif bergerak, menjaga pola makan serta edukasi batasi asupan gula," jelasnya.

Senam Sehat #Hands4Diabetes 2019 ini, imbuh Rita, dilaksanakan serentak secara live di 37 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Solo, Jogja, Tegal, Surabaya, Malang, Kediri, Aceh, Medan, Pekanbaru, Rantauprapat, Batam, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Makassar, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Denpasar, Mataram, Ambon dan Jayapura.

"Di Rantauprapat sebanyak 650 an peserta #Hands4Diabetes yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, dengan antusias berkumpul dan mengikuti rangkaian kegiatan pada hari ini. Para peserta mengikuti senam sehat keluarga, cek gula darah gratis, serta berbagai kegiatan yang seru dan edukatif di berbagai booth acara, seperti photo booth, cek gula darah gratis dan cek tensi gratis. Penyelenggaraan ini hasil kerja sama dengan Pemkab Labuhanbatu dan unsur muspida," jelasnya.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Diabetes Internasional, ungkap Rita, diperlukan semangat dan kesadaran seluruh anggota keluarga untuk bersama-sama cegah dan lawan diabetes.

"Semangat ini pun diturunkan dalam bentuk Senam Keluarga Lawan Diabetes, hasil kolaborasi RSCM FKUI, Tropicana Slim, dan Sobat Diabet. Gerakan senam sehat ini terdiri dari dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik untuk melatih jantung, serta olahraga resisten untuk melatih otot tubuh," tuturnya.

Bagi keluarga Indonesia yang tidak dapat mengikuti #Hands4Diabetes hari ini, video Senam Keluarga Lawan Diabetes dapat diunduh di YouTube Tropicana Slim.

Rita juga membeberkan, menurut American Diabetes Association pada jurnal Diabetes Care, kombinasi latihan aerobik dan latihan resisten ini lebih efektif memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga gula darah tetap stabil bagi diabetisi.

"Tentunya, tidak lupa diiringi dengan membatasi asupan gula tiap hari, agar diabetes jauh dari kita dan keluarga,” pintanya mengakhiri.