Dua Ratus Guru Sasaran Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran

Dua Ratus Guru Sasaran Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
Sebanyak 200 orang guru sasaran mengikuti Diklat PKP yang dilaksanakan Disdikbud Palas
Sabtu, 16 November 2019 17:36 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas, menggelar Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) bagi kalangan guru-guru sasaran, Sabtu (16)11/2019) di Aula SMK N 1 Barumun.Peserta diklat PKP ini dilaksanakan sebanyak 200 guru sasaran kelas rendah dan tinggi di tingkat sekolah dasar ditambah sebanyak 10 guru inti.

Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Palas Hj Rosidawati Suryani melalui penanggung jawab kegiatan PKP Padang Lawas Deddy S Dalimunthe, mengatakan, kegiatan ini berdasarkan UU Nomor : 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dikatakan, pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

Ads
Selain itu, kata Deddy, berdasarkan UU Nomor : 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen disebutkan guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik, kompetensi dan memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

"Pemerintah wajib memberikan anggaran untuk meningkatkan profesionalisme dan pengabdian guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah maupun masyarakat," terang Deddy.

Kata Deddy, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan dan memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompotensi dimaksud meliputi Kompotensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk program peningkatan kompetensi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan sampai mengevaluasi pembelajaran yang berorentasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking skills).

Menurut Deddy, pengembangan unit pembelajaran diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi guru terkait pembelajaran yang berorentasi pada keterampilan.

"Setelah Pembukaan PKP ini, dengan teknik program pembelajaran (5 IN dan 3ON atau 5 Minggu 82 JP) yang artinya setelah lima pertemuan dilanjutkan dengan pembelajaran di pusat belajar masing-masing yang berlokasi di SDN 0725: PTPN IV Lubuk Bunut yakni 1 kelas, SDN 0607 Pagaran Batu, 1 kelas, SDN 0105 Sibuhuan 1 kelas, SDN 0309 Pagaranbira 2 kelas, SDN 1101 Aek Nabara 1 kelas, SDN 0411 Pasar Ujung Batu 3 kelas dan SDN 0201 Pasar Binanga 1 kelas," pungkas Deddy.

www www