LABUHANBATU - Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu dibawah kendali Kepala Dinas H.Kamal Ilham, melaksanakan gotong royong bersama perangkat Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara, Kelurahan Ujung Bandar dan Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan, Jumat (15/11/2019).

Gotong royong tersebut dilaksanakan di lingkungan sekitar Kantor kelurahan masing-masing dan titik jalan yang telah ditentukan. Khusus di Kelurahan Ujung Bandar, selain gotong royong di sekitar Kantor Lurah, ditetapkan juga di Masjid Al-Ikhlas Ujung Bandar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H.Kamal Ilham melalui Kepala Bidang (Kabid) pengolaan sampahan dan Limbah B3 Supardi Sitohang, menyampaikan gotong royong ini merupakan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan dilaksanakan oleh seluruh personel, baik dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu maupun dari masing-masing kelurahan dan kepling.

“Komitmen, keinginan, kepedulian dan semangat untuk melaksanakan gotong royong kebersihan lingkungan itu terlihat sangat baik hari ini, dan hal itu adalah sebuah modal yang sangat mendasar untuk mencapai tujuan yang besar yaitu Labuhanbatu Bersih, Labuhanbatu Hijau dan Labuhabbatu Sehat sebagaimana disepakati dalam Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat,” jelas Supardi Sitohang.

Supardi menambahkan, jika keinginan dan semangat kebersamaan itu tidak lahir dari jiwa yang paling dalam, sulit untuk melakukan sesuatu.

"Jadi Komitmen, keinginan dan semangat itu yang utama tercipta,” jelasnya.

Pada gotong royong kebersihan lingkungan hidupini, masing-masing Kepala Kelurahan turun ke lapangan, Lurah Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Nafsir Rambe, Lurah Sioldengan Ardi Juliandi Dalimunthe dan Lurah Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Yussarleni Pohan dan Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) AL-IKHLAS Ujung Bandar Komplek Asrama Haji Labuhanbatu, Ustad H. Khairul Dalimunthe dan Para Kepala Lingkungan Kelurahan masing-masing.

Dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu, atas petunjuk dan arahan Kepala Dinas, H. Kamal Ilham, dan dikoordinir oleh Sekeretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Ida Farida, memutuskan jumlah personil dan peralatan yang diturunkan di tiga Kelurahan, yaitu 45 Orang (15 Orang/Kelurahan), 2 Unit Alat Angkutan Dump Truk, dan 2 Unit Kenderaan Roda Tiga, Tong Sampah (Troli), Sapu Lidi, Serok dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan dilapangan.

Pengkondisian dan koordinasi kegiatan gotong royong kebersihan bersama dilapangan, diberikan kewenangan kepada Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 dibantu oleh Kasi Pengurangan Sampah Junior Ahmad Effendy Hasibuan dan para Mandor Petugas Kebersihan, Mandor Kenderaan Roda Tiga dan Mandor Angkutan Dump Truck dan kegiatan berjalan dengan baik.

Dikesempatan itu juga, Ketua BKM Masjid Raya Al-Ikhlas Kabupaten Labuhanbatu, menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu dan Perangkat Kelurahan Ujung Bandar.

“Niat baik untuk melaksanakan kebersihan dilingkungan Masjid Al-Ikhlas ini sudah sampai dan dilaksanakan, hujan adalah rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang wajib kita syukuri bersama, mari kedepan kita bergandengan tangan untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan masjid yang kita cintai dan banggakan ini,” jelasnya.

Bupati Kabupaten Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe melalui Dinas Lingkungan Hidup, mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang terkait sehingga penyelenggaraan Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat yang bertujuan agar lingkungan di sekitar tempat tinggal menjadi lebih bersih dan asri.

"Dan terwujudnya perilaku hidup bersih sehat serta mewujudkan Labuhanbatu yang indah, damai, asri dan nyaman, dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Labuhanbatu," harapnya.