HONG KONG - Jonatan Christie menjadi wakil Merah Putih ketiga yang lolos ke babak empat besar turnamen Hong Kong Open 2019. Tiket semifinal direbut Jonatan usai menghentikan perlawanan Anders Antonsen (Denamrk), dalam dua game langsung, 21-15, 21-13, Kamis (15/11/2019). Sebelumnya ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sudah lebih dulu melaju. Kemenangan ini sekaligus membayar kekalahan yang diderita Jonatan atas Antonsen pada pekan lalu di turnamen Fuzhou China Open 2019. Kala itu Jonatan menyerah dengan skor 16-21, 11-21.

"Yang menentukan itu pikiran, memang sangat berpengaruh buat saya, enam puluh persen pengaruhnya dari total penampilan saya. Tadi perang di pikiran juga, saya tahan dia tahan, ya jadi siapa yang lebih tahan di lapangan, siapa yang lebih siap, dia yang akan menang," kata Jonatan soal permainan.

"Misalnya habis reli kan pasti capek, bagaimana caranya harus cepat balik, supaya lawan melihat kok saya cepat sekali? Di pertemuan sebelumnya juastru saya merasa dikejar dia, dia mainnya rileks, saya yang mainnya tegang. Jadi di sini sebisa mungkin dari awal, daya juangnya, semangatnya, semua bisa dikeluarkan," jelas Jonatan.

Indonesia berpeluang untuk mengamankan satu tiket final tunggal putra jika Anthony Sinisuka Ginting berhasil menghadapi Chou Tien Chen dari Taiwan. Jika lolos, Anthony akan bertemu Jonatan di semifinal.

Saat berita ini diturunkan, Chou sementara unggul di game pertama atas Anthony dengan skor 21-8.

"Maunya ya ketemu teman sendiri, supaya Indonesia ada wakil tunggal putra di final. Kalau ketemu Chou, saya juga harus waspada, dia punya pertahanan yang rapat," ucap Jonatan. ***