JAKARTA - Cabang olahraga Esport yang pertamakali dipertandingan di ajang SEA Games tampaknya akan menjadi salah satu lumbung medali bagi kontingen Indonesia. Karena tak tanggung-tanggung, Manajer Tim Esport Indonesia, Richard Permana, menargetkan anak asuhnya untuk menyapur bersih alias membawa pulang medali dari setiap nomor yang dipertandingkan di Filipina mendatang. Pada ajang SEA Games 2019 di Filipina nanti, akan ada enam nomor yang dipertandingkan di cabang olahraga Esport. Selain Mobile Legends dan Dota 2, juga akan dipertandingkan Arena of Valor, Hearthstone, Starcraft 2, dan Tekken 7.

''Kalau kita sih ingin bisa bawa pulang medali dari semua nomor. Tidak perduli medali apa itu, tapi kami memang minta anak-anak untuk membawa pulang medali,'' buka Richard.

''Saya tidak bisa bilang berapa medali emas yang akan kami bawa pulang, tetapi saya yakin kami bisa raih medali di semua nomor. Karena di beberapa nomor kita memang lebih unggul dari negara-negara lainnya.''

Persiapan Tim Esport Indonesia memang tak sembarangan, selain melakukan pelatnas di Surabaya, para atlet juga melakukan sejumlah try-out ke sejumlah negara. Luar biasanya, mereka justru turun pada sejumlah event dunia.

Tim Esport Indonesia 

''Ya ini sekarang ada yang sedang ikut kejuaraan dunia di Malaysia. Lalu ada juga yang di Thailand. Kemarin juga salah satu atlet yang akan kami berangkatkan di SEA Games berasil keluar sebagai pemenang di salah satu kejuaraan dunia yang kami gunakan sebagai try out menjelang SEA Games 2019,'' sambung Richard.

Tim Esport Indonesia nantinya akan mengirimkan total 21 atlet pada ajang SEA Games 2019. Mereka akan turun di enam nomor, yang mana tiga nomor diantaranya merupakan nomor beregu dan sisanya akan diturunkan pada nomor individual. ***