NIAS SELATAN - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sepakat untuk membangun Bandara Silambo pada Tahun 2020. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtiar Duha saat menggelar paparan sejumlah program prioritas Sekretariat Daerah untuk Tahun 2020 di Ruang Media Center DPRD Nisel, Rabu(13/11/2019).

Ia menerangkan, pembangunan Bandara Silambo akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten dengan DPRD apalagi terkait itu juga sudah menjadi perhatian fraksi DPRD Nisel.

"Untuk pembebasan lahan bandara tersebut pada Tahun 2019 ini sudah kita anggarkan sebesar Rp 3,5 miiar. anggarannya telah ada disekretariat, dan apabila anggaran tersebut tidak bisa dilakukan Tahun 2019 ini, maka kita bersama DPRD bisa meluncurkannya di Tahun 2020. Karena pembayaran itu harus melalui tahapan, sebab apabila kita langkahi regulasinya sesuai UU No. 2 Tahun 2012 tentang tahapan dokumen, maka kita bisa kena, dan ia berharap jika tahapan itu dilangkahi supaya bisa ditegur," tandasnya.

Disamping itu, ia juga menyampaikan bahwa untuk anggaran 2020 pihaknya memunculkan program lampu jalan dari tenaga tata surya, dan hal itu dilakukan secara bertahap dimulai dari nari - nari hingga ke lahusa, kemudian menuju Kecamatan Gomo.

"Kemudian, mulai dari simpang Sorake menuju Kecamatan Amandraya, dan pemasangannya ini bukan seperti jarak yang kita lihat sekarang, tapi mulai dari jarak 50 meter hingga 200 meter. Jadi, itu dulu yang kita kerjakan, sebab anggaran lampu ini hanya berkisar Rp. 900 juta. dan lampu tersebut kita rencanakan di pasang menuju Desa Bawomataluo sebagai desa tradisional," paparnya.

Pihaknya juga sedang berusaha memohon ke Kementerian ESDM agar Daerah Nise bisa dibantu kembali mengenai lampu jalan.

Hadir saat itu, Ketua Komisi I Memoris Fau, Wakil Ketua komisi I Aldika Wau,Sekretaris Komisi I, Biv. Tinanda Limbong, Asisten I Gayus Duha, dan Sekwan Firman Giawa.