PALAS - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Kabupaten Padang Lawas dirangkaikan dengan pemberian penghargaan atas dedikasi instansi dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. Penghargaan itu diberikan Pemkab Palas kepada Danramil 09/Sosa Kodim 0212/TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan dan tiga personel Babinsa yakni Sertu Doni Dwiyanto, Serda Tsabit Aman Jaelani Siregar serta Kopda Allfullsow Sihete, Selasa (12/11/2019) di lapangan Merdeka Sibuhuan.

Penghargaan itu diserahkan Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap,(TSO) secara simbolis di dampingi Kepala Dinas Kesehatan, Hj Leli Ramayulis.

Danramil 09/Sosa, Kapten Arh Saleh Hasibuan mengatakan, piagam penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi personel di satuannya dalam mewujudkan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Menurut dia, selama beberapa waktu terakhir ini, para Babinsa Koramil 09/Sosa yang bertugas di wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi, Sertu Doni Dwiyanto dan untuk wilayah kecamatan Kecamatan Batang Lubu Sutam Serda Tsabit Aman Jaelani Siregar dan Kopda AF Sihite, telah banyak memberikan kontribusi dalam mensukseskan program pemerintah khususnya bidang kesehatan.

"Ketiga Babinsa ini telah berkontribusi untuk bidang kesehatan, salah satunya terkait sanitasi. Di mana dari beberapa desa di bawah pengawasannya, di antaranya sudah bebas ODF (Open Defecation Free)," ungkap Danramil 09 Sosa

Kata Saleh, ODF merupakan salah satu program Dinas Kesehatan Palas agar masyarakat tidak buang air besar di sembarangan tempat, sehingga menimbulkan lingkungan yang kotor

Ia menambahkan, sebelumya terdapat sekitar 150 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Hutaraja Tinggi dan Batang Lubu Sutam yang belum dapat mangakses program jambanisasi. Karena tidak memiliki tempat penampungan, sehingga masyarakat masih membuang BAB ke sungai.

Berkat partisipasi Babinsa untuk terus mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat, dalam menjaga lingkungan yang sehat sangat penting, sehingga masyarakat terus termotivasi untuk membuat jamban.

Salah satu Babinsa Koramil 09/Sosa yang ditemui usai menerima penghargaan, Sertu Doni Dwiyanto mengaku, ada kebanggaan tersendiri dan merasa lebih termotivasi untuk selalu membantu masyarakat dan program pemerintah dalam bidang kesehatan.

"Upaya kita mengajak masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat, bisa dikatakan berhasil. Ini sebagai bentuk membangun jiwa yang sehat dan mental yang kuat di tengah masyarakat, dalam berpartisipasi membangun dan membela bangsa dan negara,” ungkap Sertu Doni.